Tips Menjaga Anak Saat di Kebun Binatang
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Tips Menjaga Anak Saat di Kebun Binatang

Tips Menjaga Anak Saat di Kebun Binatang

blogpost-20160531-article

Seekor Gorilla berumur 17 tahun dan bernama Harambe harus menjadi korban tembak mati di Kebun Bintang The Cincinnati Zoo & Botanical Garden yang terletak di Ohio, Amerika Serikat. Penembakan tersebut terpaksa dilakukan oleh pihak kebun binatang akibat adanya seorang anak kecil yang terjatuh ke dalam kandang Gorilla tersebut.

Tentu saja kejadian ini menjadi sebuah pelajaran bagi semua orang yang sedang berkunjung ke kebun binatang terutama bagi para orang tua yang sedang membawa anaknya. Walaupun para binatang yang berada dalam kebun binatang sudah dijiinakan, bukan berarti para hewan tersebut tidak mempunyai insting dalam diri mereka bahwa mereka adalah binatang yang seharusnya hidup di alam terbuka.

Oleh karena itu ada baiknya kita sebagai pengunjung juga menjadi lebih menaruh perhatian ekstra saat kita berkunjung ke kebun binatang, terutama bagi para orang tua. Berikut ada beberapa tips yang bisa kita perhatikan dan terapkan:

Jangan biarkan anak-anak menggoda atau mengusik para binatang

Walaupun kaca yang ada di kebun binatang tersebut tebal, bukan berarti kita bisa membiarkan anak-anak kita dengan bebasnya bermain-main hingga mengusik para binatang tersebut tepat di depan kaca tersebut. Semakin kita mengusik para binatang tersebut dengan cara yang tidak sesuai dengan perilaku para binatang tersebut, semakin binatang tersebut mengeluarkan naluri mereka untuk menerkammu.

Oleh karena itu, coba ajarkan anak-anak kamu untuk tidak berlaku seenaknya didepan para binatang tersebut. Cukup beri tahu mereka bahwa ini adalah jenis binatang ini dan kisah seputar binatang tersebut.

Awasi terus anak kamu

Setelah apa yang terjadi di kebun binatang Cincinnati yang mengakibatkan seekor gorilla harus terpaksa ditembak mati adalah suatu pelajaran yang harus kita ingat selalu untuk selalu mengawasi anak-anak kita. Bocah berumur tiga tahun tanpa disadari oleh orang tuanya telah memanjat sebuah tembok yang ternyata dibalik tembok tersebut adalah tempat keseharian dari sang gorilla, Harambe.

Melihat kelalaian orang tua tersebut, kita diajarkan untuk lebih bisa mengawasi anak kita setiap saat dan memastikan pengawasan kita selalu ada pada anak kita, tanpa terlepas satu detik pun. Perlu diingat bahwa kita sedang berada di kebun binatang yang berisi banyak sekali binatang yang bukan seharusnya mereka ada di sana.

blogpost-20160531-banner

Tidak mengambil foto dengan binatang buas

Disetiap kebun binatang pasti sudah jelas memberikan tanda bagi para pengunjungnya untuk zona mana yang diperbolehkan untuk mengambil foto dan mana yang tidak diperbolehkan. Oleh karena itu sebaiknya kita sebagai orang tua menuruti aturan tersebut, karena kebanyakan zona yang tidak diperbolehkan untuk mengambil foto adalah zona binatang buas.

Yup, sekalipun binatang buas tersebut berada dalam kandang ada baiknya kamu tidak mengambil foto mereka, karena bagaimana pun juga para binatang buas tersebut tidak memiliki insting untuk bersahabat dengan hal-hal yang bukan sifat asli mereka. jangan sampai cahaya blitz dari kamera kamu memancing mereka untuk mengamuk dan membahayakan banyak nyawa.

Ajarkan anak kamu untuk menunjukan rasa hormat

Hal ini merupakan salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh para orang tua. Walaupun mereka hanya binatang, namun mereka juga adalah makhluk hidup jangan sampai anak-anakmu seeenaknya mengejek para binatang-binatang yang ada di kebun binatang.

Daripada mengajarkan mereka betapa jeleknya muka seekor gorilla atau monyet dan binatang-binatang lainnya, lebih baik kita ajarkan kepada anak-anak kita mengenai kehebatan dan hal-hal unik yang dipunyai oleh masing-masing binatang tersebut. Sehingga anak-anak kita secara tidak langsung bisa menghormati dan mengagumi binatang-binatang yang juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan.

So parents, semoga kejadian yang terjadi di kebun binatang Cincinnati tidak akan pernah terjadi lagi ya. Jangan lupa juga untuk membuka dan membaca aplikasi Kurio kamu untuk mengetahui informasi-informasi berguna lainnya seputar tips Parenting.

#SelaluLebihTau

Related Post