Panduan Makanan Sesuai Golongan Darah
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Panduan Makanan Sesuai Golongan Darah

Panduan Makanan Sesuai Golongan Darah

blogpost-20160530-article

Terkadang kita merasa sudah melakukan semua hal yang terbaik untuk kesehatan kita, terutama dari pola makan kita. Kita sudah memakan semua jenis makanan sehat hingga mengurangi semua jenis makanan yang tidak sehat, namun hasilnya tetap saja kita tubuh kita masih rentan dengan penyakit  dan dietmu tidak berhasil. Mengapa begitu?

Menurut Dr. Peter J. D’Adamo, seorang penulis buku kesehatan berjudul Eat Right 4 Your Type mengungkapkan bahwa sebaiknya kamu memperhatikan diet dan pola makanmu berdasarkan golongan darahmu. Karena setiap golongan darah yang ada ditubuhmu mempunyai masing-masing kebutuhan asupan dan tidak setiap golongan darah mempunyai kebutuhan asupan yang sama.

Coba kita intip, jenis makanan seperti apa yang dibutuhkan oleh masing-masing golongan darahmu:

Golongan Darah O

Golongan darah ini mempunyai kebutuhan untuk mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi  seperti daging, ayam, ikan hingga makanan yang mempunyai yodium tinggi guna membuat fungsi tiroidmu bekerja secara maksimal. Individu dengan golongan darah O cenderung memiliki lebih banyak asam lambung yang membuat mereka lebih cocok untuk mencerna makanan sejenis daging.

Golongan Darah A

Menurut D’Adamo, orang yang memiliki tipe darah A cocok untuk mengonsumsi sayur-sayuran, karena orang bergolongan darah A ini cenderung tidak memiliki asam lambung yang cukup untuk bisa mencerna daging. Selain itu, tipe darah A disarankan untuk mengonsumsi jenis kacang-kacangan juga untuk mendapatkan sumber protein yang bisa membantu dietmu.

blogpost-20160530-banner

Golongan Darah B

Jagung, gandum, tomat, kacang tanah dan biji wijen sebaiknya dikurangi oleh jenis golongan darah B ini karena makanan tersebut merupakan jenis makanan yang dapat mempengaruhi metabolisme dan menyebabkan kelelahan. Golongan darah B cenderung memiliki metabolisme tubuh yang cukup baik, oleh karena itu D’Adamo menyarankan untuk mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan dan menghindari memakan ayam, karena memiliki lektin pada jaringan otot yang menimbulkan reaksi kurang baik pada golongan darah B.

Golongan Darah AB

Jenis golongan darah AB adalah tipe darah yang paling langka. Menurut D’Adamo, golongan darah AB adalah jenis golongan darah yang mewarisi campuran gen. Oleh karena itu makanan yang cocok adalah mengonsumsi makanan laut dan digabungkan dengan gandum dan sayuran. Mengingat golongan darah AB kurang memiliki kadar asam lambung yang cukup untuk mencerna makanan daging, maka disarankan untuk mengantinya dengan ikan, sayuran hijau hingga susu rendah lemak.

Jadi jangan salah memilih makanan yang cocok untuk dirimu lagi ya, terutama bagi kamu yang sedang ingin melakukan diet. Ikuti tips sehat lainnya seputar kesehatan dalam topik Health di aplikasi Kurio mu.

Stay Healthy!

#SelaluLebihTau

Related Post