Orang Indonesia “Susah” Jalan-Jalan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Stories Orang Indonesia “Susah” Jalan-Jalan

Orang Indonesia “Susah” Jalan-Jalan

KurioPassport-01 (1)Syarat utama untuk mengunjungi Negara lain adalah visa. Visa merupakan surat ijin yang dikeluarkan oleh kantor Imigrasi Negara tujuan bagi para turis atau pelancong yang ingin mengunjungi Negara mereka.

Cara mendapatkan visa ini pun berbeda-beda, ada jenis visa free, visa on-arrival, dan visa-required. Berbeda dengan jenis visa free dan visa on-arrival yang bisa kamu dapatkan saat baru mendarat di Negara tujuan, jenis visa yang terakhir mengharuskan kamu mengurus visa terlebih dahulu sebelum kamu berangkat ke Negara tujuan.

Bagi para pemegang paspor Indonesia kamu boleh merasa kecil hati. Menurut data dari passportindex.com, pemegang paspor Indonesia hanya bisa mengunjungi 54 negara lewat visa free atau visa on-arrival. Angka ini jauh sangat jauh dibandingkan dengan dua negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura.

54 negara tersebut kebanyakan didominasi oleh negara-negara di Asia Tenggara dan di Afrika. Bagi kamu yang punya rencana untuk berlibur ke luar negeri dan tidak ingin dipusingkan dengan harus mengurus visa, beberapa negara ini bisa jadi alternatif liburan kamu.

Kekuatan paspor Indonesia yang hanya berada di peringkat 138 dari 199 negara bukan peringkat yang ideal bagi orang Indonesia untuk berwisata ke luar negeri. Meskipun urusan visa bukan menjadi halangan utama bagi warga Indonesia untuk melancong ke negara lain, namun kemudahan dan kenyamanan untuk berlibur jadi berkurang. Selain harus mengurus tiket, akomodasi, dan kebutuhan lainnya, pemegang paspor Indonesia harus menambah pr liburan mereka dengan mengurus visa yang ada kemungkinan sangat kecil bisa ditolak.

Selain menilai kekuatan passport dari setiap negara, data dari passportindex.com pun merilis data mengenai keterbukaan negara untuk menerima turis asing. Indonesia yang berada di peringkat 43 ‘hanya’ menerima turis asing dengan visa free atau visa on-arrival dari 94 negara saja. Hal ini masih berada jauh dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura.

blogpost-20160422-bannerad001

Related Post