Cara Belajar Efektif Buat Kamu Yang Malas
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Cara Belajar Efektif Buat Kamu Yang Malas

Cara Belajar Efektif Buat Kamu Yang Malas

Cara Belajar Efektif Buat Kamu Yang MalasSering merasa malas untuk belajar? Jangan khawatir, perasaan ini adalah hal yang wajar dan sering dialami oleh semua orang. Malas belajar bukan berarti kamu adalah orang yang pemalas. Rasa malas ini sering dialami oleh banyak orang karena beberapa faktor. Diantaranya adalah tidak suka dengan pelajarannya, materi pelajaran yang terlalu sulit, guru yang kurang menyenangkan, atau faktor eksternal lainnya.

Rasa malas ini harus bisa kamu lawan. Karena pada akhirnya, kamu harus menghadapi ujian. Semalas apa pun kamu, menjelang ujian kamu harus mulai belajar dan mengerti materi yang akan ditanyakan pada ujian. TIdak mudah memang jika kamu sudah merasa malas dari awal, namun kalau kamu terapkan beberapa hal di bawa ini, kamu bisa mempelajari bahan ujian dengan efektif dan bisa mendapatkan nilai yang baik juga!

Tidur Yang Cukup

Begadang malam hari menjelang ujian bukan cara yang tepat untuk menghadapi tes atau ujian penting. Saat tubuh dan otak kurang istirahat, kamu akan kesulitan untuk kosentrasi dan menyelesaikan ujian dengan baik. Menghabiskan waktu untuk tidur 8 jam perhari adalah waktu yang ideal untuk menjaga tubuh tetap segar.

Kamu juga bisa memadukan ini dengan power nap atau dengan mengonsumsi kopi juga. Dua hal tersebut merupakan cara yang efektif pula untuk meningkatkan daya memori dan konsentrasi otak serta mampu memberikan banyak manfaat yang positif juga bagi tubuh manusia, seperti yang sudah pernah dibahas di blog ini sebelumnya

Temukan Pola Yang Ideal

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Apakah kamu termasuk orang yang lebih mudah belajar lewat audio, visual, atau kinesthetic? Setelah mengetahui cara belajar mana yang kamu anggap paling mudah dimengerti, terapkan metode ini dalam proses belajar kamu sehari-hari. Dijamin, kamu tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang lama untuk belajar dan menguasai satu materi.

Belajar Banyak Hal Sekaligus

Banyak yang menyebutkan jika multitasking adalah cara yang kurang efektif. Namun, untuk belajar cara ini bisa dibilang cukup efektif. Saat kamu sedang belajar untuk menghadapi ujian, kamu pasti sering merasakan cepat bosan dan jenuh.

Dengan belajar banyak materi sekaligus, cara ini bisa mengurangi kencenderungan bosan karena kamu akan selalu bertemu dengan materi-materi baru yang berbeda. Hal ini bisa memicu kamu untuk kembali semangat belajar dan merasa tertantang.

Dengarkan Musik

Musik adalah teman yang tepat saat kamu sedang belajar. Seperti yang sudah pernah dibahas, bahwa mendengarkan musik memiliki banyak efek positif bagi manusia. Sebaiknya saat kamu sedang belajar atau menghafal, musik-musik instrumental atau musik klasik adalah pilihan yang tepat untuk menemani kamu. Rangsangan yang ditimbulkan oleh musik mampu meningkatkan daya konsentrasi dan memori otak.

Related Post