Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Minum Kopi-articleWajar apabila kamu atau kerabat dekat kamu tidak bisa lepas dari yang namanya minum kopi. Sebagai jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang dewasa, minum kopi sering menjadi ritual yang wajib dilakukan setiap hari.

Jika dilakukan rutin, minum kopi memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Anti oksidan dan kafein yang terkandung dalam kopi punya efek yang positif, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, bukan berati kopi bisa dikonsumsi kapan pun. Waktu yang tidak tepat maupun jumlah yang terlalu banyak, justru bisa menimbulkan efek megatif bagi tubuh.

Jadi, buat kamu pecinta kopi, jangan sampai minuman favorit kamu ini justru membawa dampak yang buruk bagi tubuh kamu. Dengan mengonsumsi kopi di jam-jam tertentu, kamu bisa merasakan manfaat besar dari kopi yang kamu minum.

Kopi di Pagi Hari

Semua pasti setuju jika waktu yang paling tepat untuk minum kopi adalah pagi hari. Secangkir kopi dapat memberikan suntikan energi yang besar bagi kamu untuk memulai aktivitas. Hal ini bukan sebuah sugesti atau kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan saja, namun efek dari minum kopi di pagi hari bisa memberikan manfaat yang besar bagi tubuh manusia. Kopi mampu merangsang dopamine di dalam tubuh yang bisa mencegah depresi serta penyakit psikologis.

Perlu diperhatikan jika jangan langsung mengonsumsi kopi saat kamu baru bangun tidur. Saat baru bangun dari tidur, tubuh memiliki metabolisme untuk mengeluarkan hormone kortisol. Hormon inilah yang berfungsi untuk meningkatkan kesadaran, konsentrasi, serta energi tubuh. Biasanya hormon ini dikeluarkan oleh tubuh sampai satu jam setelah kamu bangun.

Jika kamu mengonsumsi kopi langsung setelah bangun tidur, kafein yang terkandung di dalam kopi mampu menghambat kortisol di dalam tubuh. Akibatnya, kamu bisa lebih cepat lelah dan mengantuk di siang hari.

Setelah Makan Siang

Mengantuk, bosan, dan susah konsentrasi di siang hari? Kopi solusi yang paling tepat. Aktivitas dari pagi hari yang sangat menguras tenaga bisa menurunkan semangat kerja kamu. Untuk mengembalikan semangat untuk bekerja, kamu bisa memanfaatkan kopi. Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat menghilangkan kantuk, meningkatkan konsentrasi, dan juga meningkatkan daya kognitif otak.

Jadi, setelah makan siang , kamu bisa memanfaatkan kopi sebagai doping dan juga penyemangat kamu untuk menyelesaikan tugas di kantor.

Hindari Kopi di Malam Hari

Tidak disarankan untuk kamu minum kopi di malam hari. Kecuali, kamu membutuhkan tenaga dan konsentrasi untuk lembur di kantor atau kegiatan yang mengharuskan kamu begadang. Salah satu fungsi kafein yang terkadung di dalam kopi adalah untuk menambah tenaga dan menghilangkan kantuk.

Kebiasaan minum kopi di malam hari bisa merusak ritme istirahat serta jam tidur kamu. Sebaiknya, kopi diminum minimal enam jam sebelum kamu tidur.

Related Post