Pertanyaan Yang Harus Kamu Tanya Saat Wawancara Kerja
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Pertanyaan Yang Harus Kamu Tanya Saat Wawancara Kerja

Pertanyaan Yang Harus Kamu Tanya Saat Wawancara Kerja

Siapa yang tidak ingin meninggalkan impresi yang baik saat melakukan wawancara kerja? Dengan memiliki kesan yang baik di mata pewawancara, besar kemungkinannya jika kamu bisa diterima di tempat kerja yang kamu inginkan.

Tapi, perlu diingat jika wawancara kerja bukan sekadar waktu di mana kamu berusaha untuk menjawab semua pertanyaan dengan baik serta meninggalkan kesan positif saja. Proses wawancara kerja seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk menanyakan beberapa hal yang kamu harus tahu mengenai tempat kerja baru.

Mengajukan beberapa pertanyaan yang tepat ini juga bisa menjadi salah satu kunci untuk meninggalkan kesan positif saat wawancara kerja. Jadi tidak ada salahnya jika kamu melontarkan satu atau dua pertanyaan sebelum wawancara kerja selesai. Nah, ingin tahu apa saja pertanyaan yang bisa kamu ajukan? Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa kamu lontarkan kepada pewawancara.

Kenapa posisi ini kosong?

Cari tahu kenapa posisi yang sedang ditawarkan oleh perusahaan adalah cara yang terbaik untuk mengetaui kesempatan yang kamu bisa miliki. Jika posisi yang akan kamu isi adalah posisi baru, maka ini dapat menjadi tanda jika perusahaan sedang berkembang. Jika orang yang menempati posisi kamu sebelumnya naik jabatan, berarti posisi ini memiliki jenjang karir yang baik.

Namun, kebanyakan hal yang terjadi adalah posisi yang sedang ditawarkan kosong karena orang sebelumnya mengundurkan diri. Apabila kasus yang terjadi seperti ini, tidak adalah salahnya untuk menanyakan alasan kenapa orang sebelumnya mengundurkan diri.

Bagaimana pekerjaan yang saya lakukan bermanfaat bagi perusahaan?

Meskipun kamu memiliki pengalaman di dalam pekerjaan yang akan kamu isi di perusahaan baru, namun menanyakan peran yang kamu miliki untuk perusahaan adalah hal yang penting. Mengetahui peran dan kontribusi kamu di perusahaan bisa menjadikan pemicu dan alasan untuk kamu bekerja lebih giat. Hal ini juga bisa menumbuhkan rasa memiliki (sense of belonging) yang tinggi kamu terhadap pekerjaan maupun perusahaan.

Bagaimana jenjang karir dari posisi saya di perusahaan ini?

Tidak ada orang yang ingin berada di dalam satu posisi yang sama bertahun-tahun. Setiap bekerja, pasti kamu ingin naik jabatan. Pertimbangan untuk menerima sebuah pekerjaan salah satunya adalah jenjang karir. Kesempatan untuk naik jabatan yang besar pasti akan memotivasi setiap karyawannya untuk bekerja lebih giat lagi. Jadi, tidak ada salahnya apabila kamu bertanya mengenai kesempatan untuk  naik jabatan.

Apa indikator sukses pada posisi ini?

Baik atau tidaknya pekerjaan yang kamu lakukan akan menentukan nasib kamu di perusahaan. Sebelum menerima pekerjaan yang ditawarkan, ada baiknya jika kamu bertanya mengenai apa yang perusahaan harapkan dengan menerima kamu sebagai karyawannya. Harapan dari perusahaan ini bisa kamu jadikan goal atau target yang harus kamu capai. Dengan menanyakan hal ini, kamu juga bisa memertimbangkan apakah tugas yang diberikan sesuai dengan kemampuan kamu serta imbalan yang bakal kamu terima.

Bagaimana budaya perusahaan disini?

Setengah hari kamu akan dihabiskan di kantor serta rekan kerja kamu akan menjadi orang yang paling sering berinteraksi dan bekerja sama. Budaya perusahaan yang baik bisa menciptakan suasana kerja yang kondusif dan bisa membentuk tim yang kompak. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah lagi untuk bekerja dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

Related Post