Manfaat Rutin Minum Kopi Setiap Hari
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Manfaat Rutin Minum Kopi Setiap Hari

Manfaat Rutin Minum Kopi Setiap Hari

Sejak pertama kali ditemukan pada abad ke-11, kopi merupakan minuman yang sangat populer di semua kalangan masyarakat. Bangsawan sampai rakyat biasa menjadikan kopi sebagai minuman wajib setiap harinya. Bahkan sampai saat ini, popularitas kopi tidak memudar dan terus menjadi minuman favorit bagi kebanyakan orang. Makanya wajar apabila saat ini kopi masih menajdi minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang dewasa di dunia.

Bagi yang suka dengan kopi, menegak kopi merupakan ritual yang wajib dilakukan pagi hari. Selain rasa dan aroma kopi yang membuat minuman ini banyak digemari oleh banyak orang, kafein dan zat antioksidan yang terkandung di dalam kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jika kopi dikonsumsi dengan baik dan tepat, kamu dapat merasakan manfaat positif dari kopi untuk tubuh dan otak kamu.

Menurut banyak penelitian dari ilmuwan di seluruh dunia, jika dikonsumsi dengan tepat, kamu bisa banyak mengambil manfaat dari kopi dan kandungannya bagi tubuh kamu, seperti:

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Orang yang  rutin minum kopi

Orang yang tidak minum kopi secara rutin setiap hari memiliki resiko untuk kena serangan stroke dan penyakit jantung 20% lebih besar dibandingkan dengan orang yang rutin mengonsumsi kopi setiap harinya.

Menurut sebuah penelitian, menegak dua atau tiga cangkir kopi perhari memiliki efek yang sama dengan jalan kaki. Kedua aktivitas ini memiliki dampak yang positif bagi kesehatan jantung.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Bagi yang memiliki anggapan jika minum kopi dapat merusak kesehatan gigi dan mulut, kamu salah besar! Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Boston University, menyebutkan bahwa orang yang rutin minum kopi, minimal satu cangkir perharinya dapat terhindar dari penyakit gusi serta mencegah gigi keropos. Gigi kuning akibat minum kopi? Hal ini bisa dicegah dengan rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kopi bekerja sangat efektif bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan. Kafein di dalam kopi juga memiliki efek yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Kerja oragan tubuh yang semakin efektif, dapat mengurangi lemak dan berat badan.

Olahraga yang rutin serta mengonsumsi kopi minimal satu cangkir perharinya, kamu akan bisa mengurangi berat badan serta kinerja organ tubuh semakin baik.

Meningkatkan Daya Ingat dan Memori

Selain memiliki efek yang positif bagi jantung, kopi pun mampu memberikan pengaruh positif bagi otak manusia. Kopi yang dikonsumsi mampu merangsang kemampuan otak dalam berfikir. Hal ini disebabkan, jaringan neurotransmitter otak mampu bekerja lebih giat lagi. Hasilnya, otak mampu berfikir dan bereaksi lebih cepat, serta meningkatkan kemampuan kognitif otak manusia. Rutin mengonsumsi kopi setiap hari pun mampu meningkatkan memori jangka panjang manusia.

Mengurangi Depresi

Kerjaan menumpuk di kantor, banyak tugas yang harus diselesaikan? Kopi adalah solusinya. Satu cangkir kopi mampu merangsang otak untuk mengeluarkan lebih banyak lagi zat serotonin dan dopamine. Dua zat ini mampu mengurangi stress serta membuat kamu lebih senang. Hal ini mirip efek yang ditimbulkan oleh cokelat. Rutin mengonsumsi kopi setiap harinya mampu mengurangi resiko stress 20% lebih besar. Efek ini bahkan lebih besar kepada wanita.

Related Post