Tips Mengucapkan Kata Maaf
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Tips Mengucapkan Kata Maaf

Tips Mengucapkan Kata Maaf

blogpost-20160322-article

Apakah kamu pernah membuat sebuah kesalahan terbesar dalam pekerjaan? Mengucapkan kata yang cukup kejam kepada rekan kerjamu? Atau bahkan membuat klienmu binggung tidak terarah?

Kita semua adalah manusia, bahkan di tempat kerja sekalipun. Artinya, kita tidak mungkin dipungkiri bahwa kita mungkin saja melakukan kesalahan. Saat hal itu terjadi, minta maaf dan perbaikilah kesalahan itu kedepannya. Mungkin akan sulit sekali bagimu mengucapkan kata maaf atas kesalahanmu, namun berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan:

Minta Maaf

Walaupun terasa berat, tetapi kata maaf jauh lebih baik dibandingkan kamu hanya membuat alasan untuk membela dirimu sendiri. Membuat alasan hanya menjadikan dirimu mengakui bahwa kamu tidak bersalah dan tidak menyesal dengan kesalahan yang sudah kamu lakukan. Namun, jika kamu berani untuk mengaku bersalah dan menyesal akan kesalahanmu maka hal itu yang akan membuatmu dimaafkan atas kesalahanmu.

Jelaskan

Setelah meminta maaf, cobalah untuk jelaskan dan tunjukan bahwa kamu benar-benar menyesal telah melakukan kesalahan tersebut. Memang akan sulit bagi lawan bicara kamu untuk mendengarkanmu setelah kamu membuat kesalahan, namun tidak ada salahnya mencoba. Setidaknya kamu akan dinilai jujur telah mengakui kesalahanmu dan mau berterus terang.

Dengarkan

Mungkin setelah kamu meminta maaf dan berkata jujur, akan selalu ada balasan dari lawan bicara kamu mengenai kesalahan tersebut. Namun tidak ada salahnya kamu dengarkan apa yang mereka keluh kesahkan atas kesalahanmu, jangan melawan lagi karena mau bagaimanapun mereka adalah pihak yang telah kamu rugikan. Oleh karena itu, kamu harus membuka pikiranmu untuk dapat mendengarkan apa yang mereka sampaikan kepadamu bahkan kamu bisa menjadikan itu sebagai acuan dirimu sendiri untuk menjadi lebih baik.

Minta maaf secara langsung

Mintalah waktu untuk bertemu dan berhadapan langsung dengan pihak yang bersangkutan dan minta maaf secara langsung. Dengan mengekspresikan rasa maafmu secara langsung akan membuat kamu lebih dihargai karena kamu memiliki keberanian untuk mengakui kesalahanmu dan membuat permasalahan lebih cepat diselesaikan. Percayalah, mengungkapkan secara langsung menjadi kunci yang paling efektif untuk meminta maaf dibandingkan secara tertulis.

Setelah kamu mengakui kesalahan dan menyampaikannya kepada orang yang bersangkutan, kamu secara perlahan telah mengembangkan dirimu menjadi lebih baik dengan cara kamu belajar dari kesalahan tersebut. Jadikan dirimu sebagai orang yang selalu mau belajar dari kesalahan, namun jangan terus-terusan melakukan kesalahan yang sama.

Temukan informasi-informasi bermanfaat lainnya seputar pengembangan diri dalam topik Self-Improvement di aplikasi Kurio dengan pengalaman membaca yang mudah dan menarik.

Be Better & Learn!

#BanyakBacaBanyakTau

Related Post