Ingin Sukses? Jangan Lupa Untuk Tidur Yang Cukup
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Ingin Sukses? Jangan Lupa Untuk Tidur Yang Cukup

Ingin Sukses? Jangan Lupa Untuk Tidur Yang Cukup

Ingin Sukses? Jangan Lupa Untuk Tidur Yang Cukup

Tidur larut malam atau begadang bukan hal yang asing bagi kamu. Tidak jarang kalau pekerjaan kantor membuat kamu lembur atau menghabiskan waktu di akhir pekan berkumpul dengan teman-teman juga menjadikan kamu harus menunda tidur di malam hari.

Menjaga badan dan pikiran untuk tetap bugar tidak hanya dilakukan dengan berolahraga yang rutin serta mengatur pola makanan. Istirahat yang cukup di malam hari serta tidur siang juga terbukti memiliki manfaat yang sangat besar, terutama bagi pikiran manusia.

Begadang dan kurang tidur punya efek yang tidak baik untuk tubuh manusia. Selain mampu mengurangi konsentrasi serta semangat esok harinya, begadang ternyata melewatkan jam tidur di malam hari ini membuat badan kamu tidak mampu untuk melakuan beberapa kegiatan penting yang dilakukan tubuh saat tidur.

Memori Disimpan Saat Tidur

Otak manusia selalu bekerja keras setiap harinya. Berfikir serta menyerap informasi terbaru dilakukan oleh otak manusia selama 24 jam setiap hari. Informasi-informasi yang diterima oleh manusia dari bangun tidur sampai menjelang tidur semuanya disimpan dalam bagian otak saat kita sedang tertidur.

Saat badan manusia beristirahat di malam hari, otak bekerja untuk menyimpan informasi baru yang diterima ke dalam otak bagian long-term memory.

Maka, kurang waktu tidur di malam hari mampu mengurangi kemampuan otak untuk menyimpan informasi baru. Menurut penelitian sehari saja bedagang atau kurang tidur dapat menimbulkan efek jangka panjang bagi otak manusia.

Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Alzheimer

Begadang, kurang istirahat, atau jet-leg dari pernerbangan yang lama memiliki efek yang berbahaya bagi otak manusia. Selain mampu mengurangi kemampuan otak untuk menyimpan informasi, lama-kelamaan otak kita pun akan cepat lupa atau pikun. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuan dari University of California, gejala kurang tidur ini mirp dengan gejala penyakit Alzheimer.

Jika kamu merasa sulit mengingat atau sering lupa dengan informasi-informasi baru sebaiknya cek jadwal tidur kamu.

Sama Dengan Makan Tidak Sehat Selama 6 Bulan

Kurang tidur tidak hanya memiliki efek yang tidak baik kepada otak saja, tapi untuk badan manusia. Sebuah penelitian menunjukkan jika kebiasaan bedagang dan kurang tidur sama dengan pola makan yang buruk selama enam bulan.

Istiahat yang kurang ini dapat menyebabkan kadar gula di dalam tubuh menjadi sangat tinggi. Hal ini membuat badan terus-terusan memproduksi insulin yang bisa membuat kerja organ-organ di dalam tubuh tidak teratur.

Bekerja sampai larut bukan berarti kamu bekerja dengan baik dan efektif. Memang pekerjaan yang menumpuk yang membuat kita harus lembur kadang tidak dapat dihindari, namun ada baiknya jika kamu dapat mengatur pola istirahat dan tidur yang cukup agar kamu bisa terus bugar serta mampu berfikir dengan baik.

Related Post