Tipe Pelajar Seperti Apa Kamu?
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Inside Kurio, Kurio Tips Tipe Pelajar Seperti Apa Kamu?

Tipe Pelajar Seperti Apa Kamu?

Tipe Pelajar Seperti Apa Kamu?Masih ingat zaman dahulu waktu kamu masih duduk di bangku sekolah? Setiap menjelang ujian akhir, kamu selalu menyiapkan bahan pelajaran sendiri. Ada yang membuat catatan, ada yang membuat model visual, atau ada juga yang minta orang lain untuk membacakan bahan pelajarannya. Hal ini dilakukan karena setiap orang memiliki cara belajar atau menyerap informasi yang berbeda.

Pemilihan gaya belajar ini disebabkan karena kebiasaan serta preferensi setiap orang yang bermacam-macam. Maka wajar apabila ketika kita sekolah dahulu, bahan pelajaran yang diberikan memiliki format yang berbeda-beda. Buku pelajaran, penejelasan dari guru, sampai bentuk diagram atau infografis. Variasi metode pembelajaran ini dilakukan agar semua murid mampu menyerap informasi yang sama meskipun memiliki gaya belajar yang berbeda-beda.

Agar kamu bisa belajar lebih efektif lagi, kenali beberapa tipe belajar yang paling umum dan termasuk dalam kategori mana kamu?

Kinesthetic Learner

Ada pepatah yang mengatakan learning by doing. Kalimat tersebut paling pas untuk menggambarkan tipe orang yang termasuk kinesthetic learner. Cara mengetahui orang yang termasuk kinesthetic learner adalah mereka biasanya mampu mengerjakan tugas yang baik apabila berhubungan dengan praktik. Pelajaran mengenai teori ataupun sejarah mungkin bukan pelajaran favorit bagi mereka yang merupakan kinesthetic learner.

Visual Learner

Orang yang aktif dan memiliki jiwa seni tinggi biasanya termasuk ke dalam tipe visual learner. Daya imajinasi yang kuat dari mereka memungkinkan mereka untuk dapat cepat menyerap informasi dari sebuah diagram, infografis, atau gambar. Biasanya mereka cepat bosan berada di dalam kelas dan lebih memiliki untuk baca bahan pelajaran yang berupa pointer-pointer pendek dan singkat.

Audio Learner

Mereka yang termasuk ke dalam tipe audio learner biasanya paling baik saat harus menghadapi kuis di akhir kelas. Setelah guru atau dosen menjelaskan berjam-jam depan kelas, kebanyakan orang akan bosan, mengantuk, atau kehilangan konsentrasi. Tapi tidak bagi audio learner, tipe pelajar seperti ini akan cepat menangkap informasi yang disampaikan dan tersimpan baik di memorinya. Yang jadi masalah bagi mereka adalah ketika harus mendengarkan guru yang membosankan atau volume bicaranya sangat pelan.

Unmotivated Learner

Unmotivated learner bukan berarti kamu adalah orang yang sama sekali tidak memiliki motivasi untuk belajar. Namun, tipe pelajar ini adalah pelajar tidak memiliki tipe dominan. Bukan kinesthetic, audio, atau pun visual learner. Jika kamu cepat merasa bosan di dalam kelas dan selalu memiliki metode yang berbeda-beda saat harus belajar, berarti besar kemungkinannya jika kamu termasuk tipe pelajar yang satu ini.

Nerd

Tipe pelajar yang satu ini meupakan antithesis dari unmotivated learner. Nerd atau si kutu buku adalah tipe orang yang sangat senang mendengarkan penjelasan guru di dalam kelas dan juga membaca buku pelajaran. Tipe pelajar nerd merupakan tipe pelajar yang paling cepat menyerap informasi yang tersedia di depan mata mereka. Jika kamu merupakan tipe pelajar yang nerd, kamu pasti akan merasakan kemudahan untuk mengerti apa yang dijelaskan oleh guru serta cepat mengingat apa yang baru kamu baca.

Dari lima tipe pelajar di atas, kira-kira mana yang paling pas dengan kamu? Wajar apabila kamu tidak menemukan tipe yang pas dengan diri kamu. Karena semua tipe ini adalah di dalam diri semua orang, namun biasanya dari mereka ada satu tipe yang dominan diantara yang lainnya.

Ingin tahu lebih banyak artikel mengenai productivity dan self-improvement? Gunakan aplikasi berita Kurio. Selain kamu bisa mendapatkan banyak informasi dan berita terbaru setiap saat, kamu juga bisa menemukan banyak artikel serta informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu. Download Kurio sekarang dan rasakan kemudahan mendapatkan informasi dalam genggamanmu!

Related Post