5 Tips Menghilangkan Rasa Malas
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips 5 Tips Menghilangkan Rasa Malas

5 Tips Menghilangkan Rasa Malas

blogpost-20160223-article

“Saya akan bermalas-malasan hari ini”

Sebagian orang dari kita pasti sering mendengar bahkan mungkin pernah mengucapkan kalimat ini, tidak ada yang salah dari kalimat ini. kalimat ini mengartikan bahwa kita membutuhkan hari untuk terlepas dari pekerjaan, namun jika kamu mengucapkannya setiap hari maka sebetulnya ada yang salah dengan diri kamu sendiri.

Terkadang kita harus berusaha keras untuk bisa bangun dan bergerak dari tempat tidur hanya untuk bekerja dan tidak sedikit juga rasa malas itu datang menghampiri dan membuat kita menjadi tidak produktif. Untuk menghilangkan rasa malas tersebut, berikut ada beberapa tips untuk mengubah rasa malas itu menjadi kegiatan lebih produktif:

1. Cari tahu penyebabnya

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang bekerja 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu? Jika iya, ini berarti kamu membutuhkan istirahat dan mengubah pola tersebut. Kamu perlu mencari tahu penyebab mengapa kamu bisa menjadi pemalas dan mengubahnya menjadi lebih efektif dan produktif.

Manusia tidak diciptakan untuk bekerja setiap saat, oleh karena itu kamu perlu mengatur dan merencakan dengan baik semua pekerjaanmu sehingga kamu tidak merasa malas atau keberatan untuk mengerjakannya.

2. Temukan semangat kerjamu

Saat kamu mengerjakan sesuatu, cobalah lakukan itu karena suatu alasan walaupun terkadang pekerjaan kita itu menjemukan dan membosankan. Ketika perasaan ini muncul saat kamu bekerja, ingatkanlah dirimu sendiri mengapa kamu melakukan pekerjaan ini, apa tujuanmu.

Dalam bekerja, bagaimanapun juga kamu harus mempunyai semangat dan rasa cinta akan pekerjaan tersebut sehingga seberat apa pun pekerjaanmu, kamu tidak akan mengeluh. Disaat kamu mengeluh akan pekerjaanmu, maka kamu akan menjadi malas untuk mengerjakannya.

3. Bekerja secara efisien

Beberapa ilmuwan telah membuktikan bahwa kini bekerja keras sudah tidak menjadi indikator lagi untuk mengukur sebuah kesuksesan, yang diperlukan kini justru bekerja lebih pintar.

Saat kamu menemukan cara yang lebih efisien untuk mengerjakan pekerjaanmu, maka kamu akan lebih bisa menikmati proses pengerjaannya dibandingkan dengan kamu harus bekerja semuanya secara bersamaan tanpa adanya perencanaan. Dengan cara ini, kamu lebih bisa merasa bangga akan hasil pekerjaanmu dan kamu menjadi lebih terpacu untuk menghasilkan yang lebih baik. Secara tidak langsung kamu telah menghilangkan rasa malas yang ada pada dirimu.

4. Mendisiplinkan diri

Yup, seperti tulisan mengenai disiplin yang sudah pernah kami bagikan sebelumnya, disiplin merupakan hal yang penting dalam menunjang dirimu untuk menjadi sukses. Jika kamu sudah terbiasa dengan disiplin yang dimulai dari dirimu sendiri hingga pekerjaan, maka rasa malas itu akan menghilang sendirinya dan jangan lupa untuk selalu mengingat motivasi kesuksesan kamu setiap saat.

5. Paksa dirimu

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa kita adalah makhluk yang dibekali akal budi, oleh karena itu bekerjalah jangan biarkan rasa malas itu menguasai akal budimu. Walaupun kamu terasa berat untuk mengerjakan suatu hal dan hal tersebut tidak menyenangkan, tetapi ingatlah saat kamu melihat kembali proses dan hasil yang sudah kamu kerjakan, kamu akan dengan bangganya berkata, “yes, saya berhasil mengerjakannya”.

Memang tidak mudah untuk mengalahkan rasa malas itu, tetapi kamu harus memaksa dirimu sendiri untuk melawannya dengan mengerjakan pekerjaan baik yang kita sukai maupun tidak untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Rasa malas memang selalu akan hadir dalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi jangan jadikan itu menjadi alasan yang menghambat segala pekerjaan kita. Karena, rasa malas itu bisa kita hilangkan selama kita mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih produktif dan kita mampu memotivasi diri kita setiap saat agar rasa malas tersebut bisa hilang dengan sendirinya.

Seperti halnya membaca, ada kalanya kita mengalami suatu rasa malas dalam membaca namun cobalah temukan sebuah cara membaca yang menyenangkan sehingga rasa malas itu bisa hilang dan membuat kamu lebih bersemangat mencari tahu segala hal yang belum pernah kamu pahami.

Stay Curious!

#BanyakBacaBanyakTau

Related Post