Ingin Bekerja Lebih Efektif? Coba Tidur Siang
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips Ingin Bekerja Lebih Efektif? Coba Tidur Siang

Ingin Bekerja Lebih Efektif? Coba Tidur Siang

Ingin Bekerja Lebih Efektif? Coba Tidur SiangMeluangkan waktu sekitar 15 menit sampai 30 menit saat jam makan siang untuk tidur siang dipercaya mampu meningkatkan efektifitas kita dalam bekerja. Menurut jurnal ilmiah Neurobiology of Learning and Memory yang diterbitkan oleh Saarland University, Jerman menyebutkan jika power nap atau tidur siang dengan durasi kurang dari 60 menit memliki banyak manfaat untuk tubuh dan otak manusia.

Penelitian yang dipimpin oleh Professor Axel Mecklinge ini pun didukung dengan beberapa rahasia sukses dari beberapa orang ternama seperti, Leonardo da Vinci, Napoleon Bonaparte, sampai Albert Einstein mengakui jika sesibuk apapun kesehariannya, namu mereka selalu meluangkan waktu di untuk tidur siang sejenak.

Memang tidur siang sangat tidak umum dilakukan oleh remaja dan orang dewasa. Namun, tidak ada salahnya jika kita membiasakan diri dengan meluangkan waktu istirahat siang kita untuk memejamkan mata sejenak dan merasakan manfaat dari power nap.

Merestart Tubuh dan Meningkatkan Daya Memori

Tubuh dan otak manusia tidak pernah berhenti bekerja selama 24 jam seharinya. Selain istirahat yang cukup pada malam hari. Meluangkan waktu sejenak untuk tidur siang sangat bermanfaat untuk merestart kinerja organ tubuh yang sudah mulai lelah akibat bekerja serta meningkatkan memori otak.

Selama tubuh beristirahat di siang hari ini bagian otak manusia yang bernama Hippocampus bekerja untuk mengirimkan seluruh informasi yang sudah diterima untuk disimpan ke dalam memori.

Menurut penelitian yang dikeluarkan oleh Saarland University menyimpulkan bahwa orang yang tidur siang dapat menyimpan dan mengingat lebih baik dibandingkan orang yang tidak membiasakan diri untuk tidur siang.

Menurunkan Tekanan Darah

Dimitros Trichopoulus dari Harvard School of Public Health di Boston melakukan penelitian yang melibatkan 23.000 orang dewasa. Dari penelitian ini didapatkan simpulan jika lebih dari 30% orang dewasa yang membiasakan tidur siang memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menderita penyakit jantung.

Saat tidur, beberapa organ penting manusia berkerja lebih teratur dibandingkan saat sedang terbangun. Hal ini mengakibatkan aliran darah lebih lancar, nafas lebih teratur, serta detak jantung yang kembali normal.

Lebih Produktif dan Waspada

Dari pagi sampai siang hari, tubuh dan pikiran telah bekerja keras. Maka tidak jarang apabila rasa lelah muncul dan konsentrasi mulai berkurang. Penelitian dari Dr. Sara C. Mednik menyimpulkan jika setelah bekerja keras di pagi hari, power nap mampu meningkatkan konsentrasi serta mengembalikan kinerja pancaindera untuk kembali bekerja.

Meningkatkan Kreativitas

Sulit mendapatkan inspirasi atau ide? Tidur siang bisa jadi solusinya. Menurut data yang dikeluarkan oleh National Geographic, setelah tidur siang otak kanan manusia yang bertanggung jawab atas proses kreatif dan berfikir bekerja lebih efektif. Kadang pertanyaan yang sulit atau masalah-masalah yang rumit mampu terselesaikan setelah tidur siang.

Related Post