Manfaatkan Waktu Istirahat, Kuasai Teknik Tidur Siang Yang Efektif
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Inside Kurio, Kurio Tips Manfaatkan Waktu Istirahat, Kuasai Teknik Tidur Siang Yang Efektif

Manfaatkan Waktu Istirahat, Kuasai Teknik Tidur Siang Yang Efektif

Manfaatkan Waktu Istirahat, Kuasai Teknik Tidur Siang Yang EfektifKerja produktif dan efektif bukan berarti kamu harus bekerja terus-menerus tanpa istirahat yang cukup. Manfaatkan waktu istirahat siang untuk mengembalikan konsentrasi dan stamina badan agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Mengantuk, lelah, atau kehilangan konsentrasi di kantor pasti sering dialami oleh kita. Hal ini wajar terjadi karena tubuh dan pikiran kita telah bekerja dengan giat selama berjam-jam. Untuk menghindari masalah ini, salah satu cara yang terbaik adalah memanfaatkan waktu istirahat siang dengan baik. Beberapa waktu lalu, Kurio pernah membahas mengenai aktivitas yang bisa kamu lakukan saat istirahat siang untuk sukses. Selain mengisi beberapa istirahat siang dengan beberapa kegiatan tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan waktu istirahat yang terbatas ini dengan tidur siang.

Meskipun tidur siang lebih banyak dilakukan oleh anak-anak dan orang tua, namun tidur siang atau power nap bagi orang di masa produktif memiliki banyak manfaat.

Seperti apa yang pernah Kurio tulis, membiasakan diri dengan menyisihkan waktu istirahatmu dengan tidur siang, memiliki dampak yang sangat positif. Setelah tahu manfaatnya kini adalah cara untuk kamu tahu cara yang terbaik untuk menguasai teknik tidur siang efektif yang bisa kamu terapkan.

Durasi

Power nap atau tidur siang sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama. Selain mampu merusak jam biologis tubuh, tidur terlalu lama ini pun dapat merusak mood dan konsentrasi saat kamu harus kembali menyelesaikan pekerjaan di siang hari.

The National Sleep Foundation menyarankan untuk tidur siang selama 20 sampai 30 menit. Sedangkan menurut hasil penelitian dari Saarland University, Jerman tidur siang sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 60 menit.

Suasana

Untuk mendapatkan manfaat yang terbaik dari tidur siang, sebaiknya cari tempat yang jauh dari suara bising serta ruangan yang silau. Cahaya yang terlalu terang akan membuat otak kita sulit untuk beristirahat.

Tidur siang tidak harus selalu dilakukan dengan posisi terlentang. Duduk dengan nyaman di sofa atau kursi tempat kamu bekerja pun bisa asalkan tubuh merasa nyaman.

Rutinitas

Untuk dapat merasakan manfaat dari tidur siang dalam jangka panjang, jadikan kegiatan ini sebagai rutinitas. Waktu yang paling ideal untuk tidur siang adalah menjelang tengah hari sesaat sebelum makan siang. Kunci dari tidur siang yang efektif adalah konsistensi, baik lama tidur siang maupun jam tidur siang.

Bagun Tidur

Bangun tepat waktu adalah bagian terpenting dari aktivitas tidur siang kamu. Terlambat bangun bisa mengakibatkan kehilangan konsentrasi juga dapat beresiko kamu kehilangan pekerjaan kamu. Hindari menggunakan alarm yang kencang. Suara yang kencang tiba-tiba meskipun dapat membangunkan kamu namun tubuh dan otak kamu akan merasa kaget.

Related Post