7 Hobi Agar Jadi Lebih Pintar Menurut Ilmuwan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Kurio Tips 7 Hobi Agar Jadi Lebih Pintar Menurut Ilmuwan

7 Hobi Agar Jadi Lebih Pintar Menurut Ilmuwan

7 Hobi Agar Jadi Lebih Pintar Menurut IlmuwanManusia diberkati dengan kemampuan otak yang luar biasa. Mulai dari menyimpan, mengolah, serta memroses jutaan informasi yang kita terima selama hidup. Namun tidak selamanya otak manusia memiliki kemampuan yang prima. Seiring dengan bertambahnya umur, secara perlahan kemampuan otak manusia pun akan berkurang dan tidak akan sama lagi ketika kita masih muda.

Meskipun hal tersebut tidak dapat dihindari, namun menurut ilmuwan gejala penuaan pada otak mampu ditunda. Dengan beberapa hobi atau kebiasaan yang biasa dilakukan sejak dini, manusia bisa mengoptimalkan kemampuan otaknya. Menjadi pintar waktu muda dan menunda gejala pikun saat tua nanti.

Main Alat Musik

Lewat penelitian bertahun-tahun, ilmuwan telah menyimpulkan jika belajar bermain alat musik mampu meningkatkan kemampuan kognitif otak manusia. Jika kebiasaan ini dilakukan sejak kecil, selain memiliki memori otak yang baik, hal ini pun meningkatkan kemampuan matematika serta menyelesaikan masalah. Tidak hanya anak-anak, namun efek dari belajar memainkan instrument musik pun punya manfaat yang sama bagi orang dewasa. Jadi tidak ada kata terlambat bagi kamu untuk mulai belajar.

Olahraga

Olahraga rutin terbukti memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh manusia. Namun sedikit orang yang tahu jika olahraga rutin adalah salah satu cara kita untuk meningkatkan kemampuan otak kita. Saat berolahraga tubuh kita memproduksi protein dalam  aliran darah. Protein yang mengalir di dalam darah diserap oleh otak manusia yang membuat seseorang menjadi lebih fokus dan memiliki daya ingat lebih kuat.

Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing terbukti mampu membuat manusia mampu untuk memiliki daya ingat lebih kuat, kemampuan logika, perencanaan, serta multi-tasking. Awalnya para ilmuwan melakukan penelitian ini kepada anak-anak, namun sama halnya dengan belajar memainkan alat musik, belajar bahasa asing oleh remaja, dewasa, dan orang tua pun masih memiliki efek yang sama.

Bermain Puzzle

Tidak hanya badan yang butuh latihan dan olahraga rutin, otak manusia pun butuh untuk terus dilatih. Semakin banyak informasi yang diterima, serta semakin sering dilatih, otak manusia akan berfungsi lebih baik lagi. Bemain game yang mengasah otak, teka-teki, puzzle, atau bahkan bermain video game merupakan beberapa kegiatan menyenangkan yang mampu membuat kemampuan otak manusia lebih berkembang lagi.

Meditasi atau Yoga

Meditasi dan yoga adalah kegiatan yang mampu memberikan efek yang positif bagi tubuh dan pikiran manusia. Hal pertama yang paling dirasakan adalah manusia lebih mampu mengontrol emosi dan pikirannya setelah rutin melakuakan meditasi. Mengontrol pikiran, fokus, konsentrasi, serta memori yang lebih baik adalah keuntungan yang mampu dirasakan. Kegiatan ini pun baik dilakukan oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Membaca

Bukan rahasia lagi jika membaca adalah latihan yang terbaik untuk membuat kemampuan otak terus berkembang dan prima. Membiasakan diri dengan membaca dengan rutin bisa membawa banyak manfaat yang sangat positif.

Membaca tidak selalu harus berupa buku bacaan yang berat saja. Bahan bacaan yang ringan atau membaca berita bisa dijadikan hal rutin yang baik untuk dijadikan kebiasaan. Menggunakan Kurio, kamu dapat dengan mudah memupuk kebiasaan membaca. Selain akan mendapatkan manfaat yang besar dari kebiasaan ini, mendapatkan banyak informasi yang penting dan relevan adalah nilai utama dari membaca informasi di Kurio. Sebagai aplikasi kurasi berita, Kurio mampu menyajikan banyak infomasi terbaru dari berbagai macam topik dan sumber terpercaya yang bisa dipilih oleh para penggunanya sesuai selera.

Melakukan hal-hal di atas ini, menurut para ilmuwan mampu mengoptimalkan kinerja otak kita dan dapat memperlambat penurunan daya pikir otak kita. Sebelum terlambat, mari kita terapkan semua kebiasaan sederhana ini.

Related Post