Mengenal Arab di Tanah Air dari Arabische-kamp.com
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home The Prologues Mengenal Arab di Tanah Air dari Arabische-kamp.com

Mengenal Arab di Tanah Air dari Arabische-kamp.com

Lewat perdagangan, sejak sebelum masa Islam, hubungan bangsa Arab dan orang-orang [yang nantinya jadi] Nusantara terbilang erat. Bahkan, sejarah mencatat bahwa sejak dua abad setelah Nabi Muhammad wafat, Nusantara ‘kedatangan’ keturunan sang Nabi di Aceh Timur. Sejak keturunan beliau lah, bangsa Arab bagai menancapkan kukunya bagi khazanah kultur [yang akhirnya menjadi] Tanah Air secara menyeluruh.

Di luar pengaruh keislamannya, ternyata Arab berkontribusi besar kepada bangsa ini di ranah humaniora dan bahkan budaya pop, sebut saja kuliner, musik, sampai politik. Kekayaan kontribusi Arab di Indonesia ini terekam lengkap di Arabische-kamp.com, website yang fokus berbicara soal sejarah, tokoh, sampai pengaruh diaspora Arab di Indonesia, khususnya pada timeline modern bangsa ini.

Saat ditemui Kurio di kantornya, Adil Alba, founder Arabische-kamp.com menjelaskan soal misi website ini, “Saya ingin mengenalkan bahwa Arab [di Indonesia] itu bukan hanya soal Islam. Tapi banyak di luar itu.” Sisi ‘sekuler’ kearaban inilah yang menjadi fokus utama Adil dan timnya dalam mengembangkan editorial Arabische-kamp.com. Pendekatannya pun sangat jurnalistik; riset dari tim yang tersebar di beberapa kota, bertemu narasumber langsung, sampai membedah arsip lama yang terekam di berbagai lembaga.

Kini Anda bisa mengetahui lebih dalam soal pengaruh bangsa Arab di Indonesia melalui Kurio, karena konten Arabische-kamp.com sudah ada di platform kami. Temukan kontennya dengan search ‘Arabische-kamp’ di app kami. Arabische-kamp.com juga menjadi sumber konten di topik Culture pada platform kami.