Bytes of the Week: News (30 Januari-5 Februari 2016)
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Bytes of the Week Bytes of the Week: News (30 Januari-5 Februari 2016)

Bytes of the Week: News (30 Januari-5 Februari 2016)

Selamat pagi! Ada banyak berita penting yang terjadi selama seminggu ini. Berikut lima di antaranya yang mungkin Anda lewatkan.

1121

Babak baru kasus pembunuhan Mirna.
Jessica Wongso resmi ditangkap oleh polisi pada akhir pekan lalu. Ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya setelah menemukan empat bukti kuat dalam kasus pembunuhan Wayan Mirna di Cafe Olivier, Jakarta Pusat. Polda Metro Jaya menetapkan Jessica sebagai tersangka usai melihat rekaman CCTV di kafe tempat Mirna tewas. Berdasarkan data rekaman CCTV di Cafe Olivier yang dijelaskan pihak kepolisian kepada tim tvOne, gerak gerik tersangka Jessica memang sudah mencurigakan sejak ia memasuki kafe. Sejumlah perilaku yang tak wajar dari Jessica pun terbaca melalui rekaman CCTV tersebut. (Viva.co.id)

Setya Novanto akhirnya penuhi panggilan Kejagung.
Setya Novanto akhirnya memenuhi panggilan Kejaksaan Agung, Kamis (4/2). Ia rencananya diperiksa sebagai saksi dalam kasus pencatutan nama presiden yang dikenal dengan kasus ‘Papa Minta Saham’. Jaksa Agung M Prasetyo berharap mantan Ketua DPR Setya Novanto memenuhi panggilan Kejaksaan Agung pada pekan depan. Novanto dipanggil Rabu (27/1), namun tak memenuhi panggilan. “Setya Novanto mengajukan penundaan sejak seminggu yang lalu. Kita berikan waktu dua minggu,” ungkap Prasetyo. (via Metrotvnews.com)

Dunia darurat virus Zika.
Virus Zika kini menjadi momok bagi masyarakat dunia. Mulai mewabah di daerah tropis, virus yang disebabkan nyamuk sejenis Aedes Aegepty ini mulai menyebar hingga akhirnya WHO menetapkan status darurat. Tentang Zika, Kemenkes pun menerbitkan panduan ringkas yang sebagian bahannya dicuplik untuk infografis. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo mengatakan bahwa virus Zika yang sekarang dikabarkan mewabah di Benua Amerika, sebenarnya bukan suatu hal yang harus ditakuti. “Zika ini biasa saja, bukan suatu yang menakutkan,” kata Untung. Siapa saja yang berisiko terinfeksi? Siapa pun yang tinggal atau mengunjungi area yang diketahui terdapat virus Zika. Misalnya beberapa negara di Amerika Latin. Di antaranya, Brasil dan Suriname. (via Beritagar.id)

Jaga laut Indonesia, Susi ‘dihajar’ banyak pihak.
Laut Indonesia menjadi salah satu wilayah yang sering diinjak-injak kedaulatannya oleh bangsa asing. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berjanji untuk tidak membiarkan laut Indonesia jadi alas kaki bangsa lain. Atas kegigihannya ini, Susi dihajar banyak pihak, ia disomasi terkait kegiatannya menangkap dan membakar kapal asing yang menjarah laut bangsa. Belum lama ini, kapal berbendera Thailand ditangkapnya. Kuasa Hukum Nahkoda Kapal MV Silver Sea II berbendera Thailand Yotin Kuarabiab, Yusril Ihza Mahendra mengaku sangat siap berhadapan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Bahkan, Yusril mengaku kesiapannya itu sudah sejak lama. Hal itu dikatakan Yusril menanggapi pernyataan Susi Pudjiastuti yang mengaku siap berhadapan dengannya terkait kasus dugaan pencurian ikan yang dilakukan Kapal MV Silver Sea II dari Thailand. (via Sindonews.com)

Pamer SK, Banyu Biru batal jadi anggota BIN.
Banyu Biru, anak sutradara terkenal Eros Djarot sempat hendak diangkat menjadi anggota Badan Intelijen Nasional oleh Kepala BIN Sutiyoso. Sayangnya, aksi yang dilakukan Banyu di media sosial membatalkan keputusan pengangkatan tersebut. Ia mengunggah Surat Keputusan pengangkatan dari BIN di media sosial Path. Sontak tindakannya ini langsung mendapat respon negatif dari netizen yang menganggap tingkah Bayu sama saja seperti membocorkan rahasia negara (via Beritagar.id)

Bytes of the Week adalah rangkuman lima berita paling menarik setiap minggunya yang dikurasi oleh tim kurator Kurio. Artikel yang diangkat pada rubrik ini dipilih berdasarkan kualitas keberitaan, sumber yang terpercaya, dan fungsinya bagi khalayak. Anda dapat mengikuti topik-topik terkait di aplikasi Kurio.

Related Post