Alasan Mengapa Pengetahuan Itu Penting Bagi Kehidupan
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Inside Kurio, Stories Alasan Mengapa Pengetahuan Itu Penting Bagi Kehidupan

Alasan Mengapa Pengetahuan Itu Penting Bagi Kehidupan

blogpost-20160205-01

Kita mungkin sudah sering mendengar ungkapan “Knowledge is Power”, dan memang ungkapan tersebut benar adanya walaupun masih ada orang-orang yang belum memahami seberapa pentingya pengetahuan tersebut. Sebetulnya pengetahuanlah yang membuat kita bisa menjadi lebih berpikir panjang dan membuat kita menghindari kesalahan yang sama.

Terkadang kita mempunyai masalah dengan pengetahuan hanya karena kita sulit mendapatkannya. Mendapatkan ilmu dari sekolah memang sudah menjadi hal yang wajib dan beberapa orang tidak menyukai proses belajar tersebut tanpa mengetahui bahwa sesungguhnya ilmu yang didapatkan saat masih sekolah bida membantumu menjadi lebih sukses karena mempunyai ilmu dasar. Jadi, sebetulnya pengetahuan itu sangat penting bagi kehidupan kita, berikut ada beberapa alasan yang bisa membuatmu untuk ingin belajar lebih banyak.

Belajar Menjadi Lebih Baik

Belajar merupakan sebuah konsep yang tidak terbatas baik hanya dari buku maupun kelas di sekolah. Kamu bisa saja belajar suatu hal yang baru setiap harinya dan mungkin saja tidak kamu sadari. Belajar lebih banyak tidak hanya membantumu mendapatkan nilai yang lebih baik tetapi juga membantumu lebih bisa menilai dan memahami pengetahuan yang kamu dapatkan tidak dengan cara yang umum, mulai dari lebih bisa menilai diri sendiri hingga menilai orang lain. Semakin banyak ilmu yang kamu punya, semakin kamu berwawasan luas dan bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Menentukan Tujuan

Satu hal yang mungkin sering kamu temui dan menjadi hambatan yaitu memotivasi dirimu sendiri. Terkadang orang binggung akan apa yang seharusnya mereka pelajari dan mengapa, oleh karena itu alangkah baiknya kamu bisa menentukan terlebih dahulu sebuah tujuan yang harus kamu raih sehingga kamu bisa mengetahui apa yang harus kamu pelajari dan memperkaya wawasanmu. Cobalah untuk membiasakan diri banyak membaca agar bisa membantumu belajar belajar dan mendapatkan pengetahuan yang lebih baik untuk dirimu sendiri.

Mengerti Hal Kompleks Menjadi Lebih Mudah

Semakin banyak ilmu yang kamu punya, maka semakin mudah pula kamu bisa mempelajari hal-hal baru. Jika kamu tidak banyak belajar akan hal baru maka hal itu hanya bisa menghalangimu untuk dapat mengerti hal-hal sulit yang mungkin sering kamu temui, namun jika pada dasarnya kamu mempunyai wawasan yang luas maka kamu bisa menyelesaikan suatu hal yang sulit menjadi lebih mudah. Gunakan semua pengetahuan yang sudah kamu miliki baik pengetahuan apa pun itu idealnya bisa memicu akal budimu bekerja dalam mengerti sebuah keadaan. Melalui wawasan yang luas, kamu bisa meningkatkan kemampuanmu berpikir secara kritis sehingga persoalan yang sulit pun bisa menjadi lebih mudah diselesaikan.

Mengerti Dirimu Sendiri

Pengetahuan yang luas sebetulnya bisa membuatmu menjadi lebih bahagia, mengapa begitu? Karena dengan pengetahuan yang banyak bisa membuatmu lebih mengerti dirimu sendiri, kamu lebih memahami hal apa yang bisa membuatmu lebih bahagia, apa yang kamu sukai hingga hal apa yang membuatmu penasaran. Dengan pengetahuan membantumu bisa menikmati hidup dengan berbagai cara sehingga kamu bisa menjadi lebih bahagia sepanjang hidupmu.

“To know what you know and what you do not know, that is true knowledge” – Confucius

Pengetahuan memang menjadi sumber dasar yang membentuk diri kita, oleh karena itu memiliki pengetahuan yang luas memang sudah menjadi sesuatu yang memang harus kita tanamkan sejak kecil. Hal paling mudah yang bisa diterapkan untuk menambah wawasan adalah dengan membaca, membaca bisa memberikanmu berbagai macam jenis informasi yang sangat berguna untuk kehidupanmu sehari-hari. Tidak harus membaca buku, membiasakan membaca berita pun mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi kehidupan manusia. Melalui Aplikasi Kurio, membaca berita menjadi lebih menyenangkan. Aplikasi kurasi berita ini memungkinkan penggunanya untuk memilih berita atau informasi dari topik-topik yang dipilih langsung oleh pengguna. Selamat membaca!

#BanyakBacaBanyakTau

Related Post