Pelajaran Berharga Dari Orang Sukses Untuk Anak Muda
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Pelajaran Berharga Dari Orang Sukses Untuk Anak Muda

Pelajaran Berharga Dari Orang Sukses Untuk Anak Muda

Pelajaran Berharga Dari Orang Sukses Untuk Anak MudaPelajaran Berharga Dari Orang Sukses Untuk Anak Muda

Tidak semua orang bisa mengikuti jejak sukses Mark Zuckerberg, Richard Branson, atau J.K. Rowling. Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengambil pelajaran dari pengalaman dari mereka. Kerja keras serta semangat yang dimiliki oleh mereka adalah modal paling berharga bagi mereka untuk terus maju serta tidak pantang menyerah.

Meraih buah kesuksesan itu bukan hal yang diraih dalam waktu semalam. Seperti kata pepatah, semakin tinggi pohon, semakin kencang anginnya. Bertahun-tahun mengalami kegagalan, penolakan, serta rasa hampir putus asa pernah dirasakan oleh orang-orang sukses seperti mereka.

Lewat pengalaman yang dimiliki, mereka mampu memberikan saran terbaik bagi kita yang sedang berada dalam jalur menuju kesuksesan. Berikut adalah saran dan pelajaran yang bisa kamu ambil dari kesuksesan mereka.

Marry Barra: Lakukan Hal Yang Kamu Cintai

Gairah dan semangat besar yang dimiliki oleh Marry Barra berhasil mengantarkan dirinya menjadi CEO GM. Ia merupakan wanita pertama yang berhasil menjadi CEO dalam industri automobile. Dalam sebuah artikel, ia menyebutkan bahwa hal yang paling utama untuk menjadi sukses adalah mencintai apa yang kamu lakukan. Berkerja atau melakukan sesuatu harus didasari oleh kecintaan bukan sekadar untuk mencari uang saja.

Lebih lanjut Marry mengatakan jika di dunia ini banyak orang yang memiliki bakat yang luar biasa. Namun, orang-orang ini akan kalah dengan orang yang mau bersemangat, bekerja keras, dan mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk melakukan hal yang ia kerjakan. Hal yang dapat mendorong seseorang untuk bersungguh-sungguh dalam bekerja adalah kecintaan dirinya terhadap apa yang ia lakukannya.

Maya Angelou: Memaafkan Diri Sendiri

Membuat sebuah kesalahan adalah hal yang tidak mungkin dihindari. Setiap melakukan sesuatu, manusia pasti pernah membuat satu kesalahan. Maka dari itu, Maya Angelou menyarankan kita untuk dapat memaafkan diri kita sendiri dari kesalahan yang diperbuat.

Penulis buku dan aktivis asal Amerika Serikat ini menjelaskan jika memaafkan diri sendiri berbeda dengan menyalahkan diri sendiri ketika hal tidak berjalan sesuai rencana. Dapat memaafkan diri sendiri dan belajar dari kesalahan yang telah diperbuat adalah salah satu jalan untuk meraih kesuksesan dari apa yang sedang kamu kerjakan.

Richard Branson: Kegagalan Tidak Selamanya Hal Yang Buruk

Pendiri Virgin Grup, Richard Branson pernah mengatakan:

“I never see a setback as a bad experience. It is just a learning curve.”

Pelajaran berharga yang bisa dipetik dari pengalaman Richard Brenson dalam membangun Virgin Group sejak usia dini adalah kemunduran bukan hal yang buruk. Halangan dan rintangan pasti akan kita temukan, namun bagaimana cara kita untuk mengatasi hal tersebut dan mampu beradaptasi adalah kunci untuk menjadi sukses. Bagi seorang Branson, kemunduran adalah pelajaran yang membuatnya mampu bangkit dan menjadikan perusahaannya sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia.

J.K. Rowling: Terima Kegagalan

Apabila J.K. Rowling mudah menyerah dan tidak menerima kegagalan sebagai pelajaran yang berharga bagi dirinya, Harry Potter tidak akan pernah ada. Sebelum Harry Potter menjadi buku yang paling laris sepanjang sejarah, penulis asal Inggris ini mengalami penolakan berkali-kali.

Dalam pidato J.K. Rowling di Harvard ia mengatakan:

“It is impossible to live without failing at something unless you live so cautiously that you might as well not have lived at all. In which case, you fail by default“

Indra Nooyi: Jangan Pernah Berhenti Belajar

Menurut CEO Pepsi, Indra Nooyi, jika ingin suskes, seseorang tidak boleh berhenti untuk belajar. Baginya apapun pekerjaannya dan jabatannya, semua orang adalah seorang murid yang tidak akan pernah berhenti belajar dan mengetahui hal yang baru.

Hal senada pun pernah diungkapkan oleh ilmuwan, Albert Einstein, “the more I learn, the more I realize how much I don’t know.”

Dalam kutipan ini ia menjelaskan jika manusia tidak akan pernah berhenti belajar karena manusia tidak mungkin penah tahu semuanya.

Mark Zuckerberg: Dengar Diri Sendiri

Kritik atau cibiran dari orang lain tidak pernah akan bisa dihindari. Agar tidak mudah putus asa dan menyerah karena pesan negatif yang kita terima, hal yang paling utama untuk dilakukan adalah percaya dengan diri sendiri. Hal ini yang menjadi pemicu Mark Zuckerberg saat membangun sosial media terbesar di dunia, Facebook.

“The most important thing is to just have faith in yourself and trust yourself. When you’re young, you hear that you don’t have experience to do things, that there are people that have more experience than you. But I started Facebook when I was 19.”

Enam orang sukses telah memberikan rahasia sukses mereka. Dengan mengikuti saran mereka, bukan tidak mungkin kamu bisa mencapai kesuksesan yang telah kamu impikan. Ikuti terus informasi terbaru yang bermanfaat untuk kamu di blog Kurio dan aplikasi kurasi berita Kurio di handphone kamu.

Related Post