Bytes of The Week: News (12-18 Desember 2015)
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Bytes of the Week Bytes of The Week: News (12-18 Desember 2015)

Bytes of The Week: News (12-18 Desember 2015)

Selamat pagi! Ada banyak berita penting selama seminggu ini yang mesti Anda simak. Berikut lima di antaranya yang mungkin Anda lewatkan.

BOTW

Setya Novanto mundur dari Ketua DPR.
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Partai Golkar, Setya Novanto, menyampaikan surat pengunduran dirinya dalam sidang yang digelar oleh Mahkamah Kehormatan Dewan. Dalam sidang tersebut, Setya dituduh melakukan pelanggaran etika dengan menyalahgunakan jabatannya sebagai pimpinan DPR. Bersama pengusaha Riza Chalid, Setya mengunjungi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin untuk melakukan pembicaraan terkait saham perusahaan emas tersebut. Sayang sekali, rekaman pertemuan tersebut jatuh di telinga publik, sebab Maroef rupanya diam-diam merekam upaya mencurigakan Setya dan Riza Chalid di Hotel Ritz Carlton Jakarta tersebut. (via Liputan6.com)

DPR ingin bubarkan KPK.
Lembaga legislatif negara, DPR ngotot ingin merevisi Rancangan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korusi. Anggota dewan mengkhawatirkan kewenangan KPK yang dianggap terlalu luas. Salah satunya adalah tak adanya SP3, aturan penyadapan, dan diperbolehkannya penyidik independen memperkuat taji KPK. Pemerintah diminta tak ikut melemahkan lembaga independen pengusut para koruptor ini. Presiden Joko Widodo diminta untuk tidak menandatangani surat persetujuan revisi UU tersebut. (via Sindonews.com)

DPR pilih lima pimpinan baru KPK.
Lima calon sukses mendapat suara terbanyak dalam proses pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Di tengah isu pelemahan KPK, kelima tokoh ini siap memperpanjang nafas institusi lembaga anti-korupsi ini dan membuatnya kembali bertaji. Agus Rahardjo yang mendapat 53 suara akan memimpin KPK, ia akan dibantu empat ketua lain yakni Basaria Panjaitan (51 suara), Alexander Marwata (46 suara), Saut Situmorang (37 suara), dan Laode Muhammad Syarif (37 suara). (via Liputan6.com)

Trump terus buat kontroversi dengan sudutkan kaum muslim.
Donald Trump membuat pernyataan kontroversial. Capres Partai Republik ini mengatakan bahwa muslim dilarang masuk ke Amerika Serikat. Tak hanya mendapat tentangan, pernyataan Trump ini juga mendapat dukungan dari basis massanya di kalangan Republikan. Sebanyak 59 persen pendukung partai konservatif itu menyetujui pernyataan Trump. Berkat pernyataan ini, popularitas Trump meroket hingga 41 persen dukungan massa jelang pemilu mendatang. Dukungan ini jauh di atas saingannya, Ted Cruz yang hanya diunggulkan 14 persen oleh massa Republikan. (via Liputan6.com)

Butuh suasana segar, Jokowi undang komedian ke Istana.
Di tengah maraknya isu yang menerpa bangsa, Presiden Joko Widodo menyempatkan rehat sejenak. Ia tak pergi berlibur ke mana-mana, melainkan mengundang sejumlah komedian ke Istana Negara. Dalam balutan batik, para komedian yang antara lain terdiri dari trio Sule, Parto, Andre, lalu Indro Warkop, Mpok Atiek, dan lain-lain yang harus membuka obrolan dengan lawakan. Menurut Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, “Jika tak lucu, acaranya saya bubarkan.” Para komedian disebut sukses membuat Jokowi tertawa hingga keluar air mata, sejenak melupakan sejumlah masalah yang menimpa Indonesia. (via Okezone.com)

Bytes of the Week adalah rangkuman lima berita paling menarik setiap minggunya yang dikurasi oleh tim kurator Kurio. Artikel yang diangkat pada rubrik ini dipilih berdasarkan kualitas keberitaan, sumber yang terpercaya, dan fungsinya bagi khalayak. Anda dapat mengikuti topik-topik terkait di aplikasi Kurio.

Related Post