(Selalu) Tahu Yang Terbaru
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Stories (Selalu) Tahu Yang Terbaru

(Selalu) Tahu Yang Terbaru

Berapa waktu yang kita habiskan dalam sehari hanya untuk menatap layar smartphone kita? Sekadar untuk berinteraksi dengan kerabat lewat social media atau mencari informasi terbaru?

(Selalu) Tahu Yang Terbaru

Hal pertama yang dilakukan ketika bangun tidur, sedang berkumpul bersama teman atau keluarga, dan malam menjelang tidur, jari kita selalu menari-nari di atas layar smartphone untuk mencari informasi paling baru atau berinteraksi dengan teman di social media.

Internet dan sosial media berfungsi sebagai wadah bagi manusia untuk memenuhi kebutuhannya sebagai makhluk sosial yang selalu haus akan informasi. Selalu mengetahui apa yang terjadi dan dapat membagikannya kepada orang lain merupakan hal yang ‘penting’ bagi individu untuk mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi di dunia maya dan mampu mendapatkan banyak followers. Kini, kredibilitas dalam dunia maya dianggap sama pentingnya dengan kredibilitas serta eksistensi di dunia nyata.

Bayangkan apabila kita tidak tahu dengan berita terbaru atau hasil pertandingan semalam? Saat orang lain ramai membicarakannya, kita hanya bisa diam karena tidak tahu apa yang terjadi. Hal ini yang mendorong orang untuk terus mencari dan membagikan informasi terbaru agar tidak ketinggalan hal baru untuk dibicarakan dengan teman-teman.

Jadi orang yang selalu tahu informasi terbaru, tidak ketinggalan dengan update informasi terhangat, serta mampu membagikannya kepada orang lain merupakan perlilaku yang umum kita temukan saat ini. Takut kehilangan informasi terbaru membuat kita menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar kecil yang berada di genggaman kita.

Perilaku ini dikenal dengan sebutan FoMO (Fear of Missing Out). Istilah ini pertama kali muncul pada 2013 oleh Dr. Andrew Przybylski dari University of Essex, Inggris. Menurutnya, adalah hal yang wajar apabila manusia memiliki FoMO, namun perubahan kebiasaan manusia akibat kelahiran internet dan social media telah membuat FoMO menjadi perliaku yang semakin umum terjadi.

“Internet dan social media memiliki dua mata pisau yang berbeda. Jika manusia tidak dapat mengontrol cara pemakaiannya akan membawa dampak yang negatif bagi kehidupan sosial masyarakat,” lanjutnya.

Kehadiran smartphone sebagai gadget serba-bisa adalah jawaban untuk mengatasi FoMO ini. Layar kecil dalam genggaman Anda mampu memberikan informasi yang tidak terbatas. Namun, saat ini kita menghabiskan waktu terlalu banyak di depan layar untuk mencari infomasi penting dan terpercaya yang dapat dikonsumsi dan dibagikan. Dengan sumber informasi yang jumlahnya tidak terbatas dapat menjadi boomerang dari kepercayaan dan kredibilitas kita dimata teman serta followers. Membedakan antara informasi yang valid atau hoax di tengah banjir informasi bukan hal yang mudah.

Karena banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi pertama yang tahu dan mampu membagikan informasi penting, kecepatan akhirnya mengalahkan akurasi informasi yang justru dapat membawa petaka.

Aplikasi kurasi berita dapat menjadi jawaban bagi kita yang selalu ingin tahu informasi terbaru. Salah satunya adalah aplikasi kurasi berita, KURIO. Selalu menyajikan informasi terbaru dari berbagai topik pilihan dari sumber informasi yang terpercaya dapat mengurangi FoMO yang selalu dirasakan oleh banyak orang.  Secara ruitn, tim kurator dari Kurio melakukan kurasi manual agar para pengguna bisa mendapatkan informasi terbaru yang berasal dari sumber terpercaya. Anda tidak perlu menghabiskan waktu yang lama menyelami dunia maya hanya untuk mencari informasi yang terpercaya.

Tak perlu lagi merasa takut untuk ketinggalan isu yang penting, Kurio memiliki fitur push notification yang berfungsi untuk memberikan Anda kabar terbaru yang paling hangat setiap harinya.

FoMO bukan sifat yang merugikan, apabila ketakutan akan ketinggalan informasi ini digunakan sebagai trigger bagi Anda untuk terus mencari informasi yang penting. Menjadi orang yang banyak tahu serta memiliki pengetahuan yang luas memiliki banyak keuntungan. Knowledge is power.

Related Post