Buat Belajar Jadi Lebih Efektif
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Buat Belajar Jadi Lebih Efektif

Buat Belajar Jadi Lebih Efektif

blogpost-20151127-01

Mengurung diri di dalam kamar semalaman sebelum menghadapi ujian atau tes bukan hal yang paling efektif untuk menghafal dan belajar. Selain materi yang dibaca tidak akan sepenuhnya diserap oleh memori otak, belajar semalaman sebelum menghadapi ujian akan membuat badan lelah yang mengakibatkan otak sulit untuk berkonsentrasi dan mengingat materi yang telah dipelajari semalam saat menghadapi ujian.

Persiapan menghadapi ujian atau tes penting memang tidak bisa dilakukan hanya satu hari. Dibutuhkan persiapan yang matang jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Dengan melakukan beberapa cara di bawah ini, belajar untuk mengadapi ujian tidak akan terasa berat dan materi yang dipelajari akan mudah diingat.

Tertawa

Belajar bukan berarti harus selalu serius. Terkadang, menciptakan suasana riang dan ceria saat belajar mampu memberikan efek yang positif. Suasana hati yang senang dan sering tertawa terbukti dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menyerap informasi serta menurunkan tingkat stress.

Saat mulai jenuh belajar, sempatkan diri untuk beristirahat sambil menonton video-video lucu di internet atau menonton serial untuk memicu tawa. Tapi ingat, tetapkan jadwal istirahat yang pasti jangan sampai terganggu karena terlalu asik menonton.

Banyak Minum Air dan Makan Buah

Banyak minum air putih selain punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh ternyata memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan konsentrasi dan daya pikir manusia. Selain rutin mengonsumsi air 2-3 liter perharinya, mengonsumsi buah-buahan seperti apel mampu menambah daya ingat otak manusia juga. Belajar sebelum menghadapi ujian, banyak mengonsumsi air putih, buah-buahan dapat membuat kita lebih efektif lagi. Jika kesulitan untuk konsentrasi, cokelat bisa jadi solusi yang tepat juga.

Dengarkan Musik

Berada di dalam ruangan yang tenang dan jauh dari distraksi merupakan tempat yang paling tepat untuk belajar. Namun bagi beberapa orang, suasana yang terlalu sunyi justru dapat menimbulkan rasa bosan. Musik jadi solusi yang tepat untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif.         Musik klasik atau musik instrumental merupakan pilihan yang paling tepat agar belajar lebih efektif.

Berolahraga

Selain menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, rutin berolahraga punya efek yang besar bagi mental dan pikiran manusia. Berolahraga sebelum belajar mampu memberikan semangat, meningkatkan konsentrasi, serta menambah performa kognitif manusia.

Beberapa hasil penelitian telah menunjukan jika olahraga memiliki pengaruh yang sangat besar untuk meningkatkan kemampuan mengingat serta membantu manusia untuk multitasking. Meluangkan waktu sejam sebelum belajar dengan berolahraga bisa membuat proses belajar kita lebih efektif lagi.

Belajar Sebelum Tidur

Sebelum tidur merupakan waktu yang paling tepat untuk menakses informasi baru. Saat tidur, otak dan tubuh manusia berkerja untuk menyimpan informasi yang baru saja didapatkan. Menghafal beberapa hal penting sebelum tidur, sebelum memulai tes di pagi hari bisa jadi cara yang paling efektif.

Semua orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dalam belajar. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menciptakan suasana kondusif serta menghindarkan stress saat harus belajar dan menghadapi tes yang penting.

Ingin tahu lebih banyak mengenai self-improvement artikel lainnya? Aplikasi kurasi berita Kurio memiliki banyak artikel penting mengenai self-improvement yang berasal dari berbagai sumber terpercaya. Pada aplikasi Kurio, semua konten yang tersedia telah dikurasi secara hati-hati baik secara manual maupun mesin agar semua informasi yang terdapat di Kurio merupakan informasi yang benar dan bermanfaat.

Related Post