Kenapa Harus Mendengarkan Musik
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Kenapa Harus Mendengarkan Musik

Kenapa Harus Mendengarkan Musik

Kenapa Harus Mendengarkan Musik

Kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari musik. Mendengarkan music adalah kegiatan yang selalu dilakukan oleh banyak orang, kapan pun dan di mana pun. Ketika sedang sendirian, belajar, mengerjakan tugas, atau dalam perjalanan alunan nada-nada indah tidak pernah berhenti menemani.

Lewat banyak penelitian yang telah dilakukan oleh banyak ahli, ternyata kebiasaan mendengarkan musik memiliki manfaat positif yang besar bagi seseorang. Ada alasan di balik mengapa kita lebih mudah berkonsentrasi saat sedang bekerja mendengarkan musik atau mendengarkan musik saat sedang sedih atau senang bisa membangun suasana yang nyaman.

Membuat Bahagia

Sedang merasa sedih? Coba untuk mendengarkan musik. Menurut sebuah penelitian, saat seseorang mendengarkan musik, tubuhnya menghasilakan hormon dopamine. Dibentuk di dalam otak, hormon ini berfungsi sebagai neurotransmitter yang mengirimkan rangsangan bahagia ke tubuh seseorang. Rasa senang yang ditimbulkan oleh musik ini yang membuat kita ingin bergoyang, bersenandung, atau merasa merinding saat sedang mendengarkan lagu.

Mengurangi Stress

Dalam keadaan stress, tubuh memroduksi hormon cortisol yang berlebih. Akibatnya, otak akan kesulitan untuk berkonsentrasi, ketahanan tubuh berkurang, sampai tekanan darah yang naik drastis. Mendengarkan musik klasik yang menenangkan dapat membuat seseorang berfikir lebih jernih dikala stress. Musik yang tenang dipercaya dapat menurunkan kadar hormon cortisol dalam tubuh yang sangat berbahaya.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Lebih dari 30% populasi di dunia memiliki gejala kesulitan tidur dan insomnia. Kebiasaan untuk tetap terjaga di malam hari memiliki dampak yang sangat buruk ketika harus beraktivitas esok harinya. Sebuah penelitian menunjukkan jika mendengarkan musik 45 menit sebelum tidur serta menghindari kontak dengan layar komputer, televisi, atau smartphone dapat mengurangi gejala kesulitan tidur. Musik-musik klasik seperti Bach atau Mozart adalah musik yang paling tepat sebagai musik pengantar tidur.

Meningkatkan IQ, Kemampuan Belajar, dan Memori Otak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Stanford University School of Medicine, menyimpulkan jika musik dapat merangsang otak untuk dapat cepat menyerap informasi yang diterima dan meningkatkan kemampuan berfikir.

Membiasakan anak-anak untuk mendengarkan dan belajar memainkan alat musik juga dapat meningkatkan IQ seseorang. Hal ini juga memiliki pengaruh dengan prestasi akademis mereka. Anak yang diperkenalkan dengan musik sejak dini memiliki hasil akademis yang lebih baik dibandingkan anak yang lain.

Mempercepat Proses Penyembuhan

Baru saja menjalani operasi, mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara untuk mempercepat proses penyembuhan setelah operasi. Pilihan lagu yang sifatnya meditative atau lagu kesukaan pasien dapat mengurangi rasa sakit yang timbul setelah operasi dan mempercepat proses penyembuhan. Musisi ternama Bob Marley pernah mengatakan “Listen to music you love take your pain away.”

Membiasakan diri mendengarkan musik bukan hal yang sulit bahkan sudah menjadi kegiatan rutin yang sudah dilakukan kapan pun dan di mana pun ternyata dapat memiliki manfaat yang sangat besar. Sama halnya dengan membaca, mulai membiasakan diri dengan membaca ternyata memiliki manfaat yang sangat besar dan bermanfaat pula.

Kehadiran aplikasi Kurio membuat membaca jadi lebih mudah. Seperti mendengarkan musik, membaca informasi terbaru lewat Kurio dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Gunakan terus Kurio untuk terus mendapatkan informasi terbaru yang bermanfaat.

Related Post