Cara Efektif Menghadapi Deadline
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Cara Efektif Menghadapi Deadline

Cara Efektif Menghadapi Deadline

Cara Efektif Menghadapi Deadline

Jangan panik! Hal utama yang harus kamu lakukan saat deadline sudah dekat adalah tetap tenang fokus. Dengan begini, kamu bisa lebih efektif dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang sudah mendekati deadline

Deadline merupakan yang pasti sudah akrab di telinga kamu. Mulai dari duduk di bangku kuliah sampai mulai memasuki dunia kerja, deadline selalu setia menemani kamu. Meskipun tahu akan bahayanya mengerjakan sesuatu mendekati deadline, namun sistem kebut semalam masih sering dilakukan. Akhirnya, karena dikerjakan terburu-buru jadi tidak maksimal.

Jangan dijadikan musuh tapi jadikan deadline sebagai teman yang memberikan semangat untuk kamu menyelesaikan sebuah tugas. Bagaimana cara efektif untuk menghadapi deadline? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar deadline bukan lagi jadi halangan.

Hindari Sosial Media dan Internet

Menurut sebuah survei, social networking yang dilakukan saat jam kerja merupakan kegiatan yang paling mengurangi produktivitas kerja seseorang. Fokus saat berkerja maupun semangat dapat menurun drastis saat berhenti bekerja dan mulai menggunakan internet. Apabila lelah atau sudah mulai kehilangan fokus, istirahat dari layar komputer, laptop, atau smartphone dan mulai sedikit olahraga dan berjalan-jalan agar tidak jenuh dan dapat kembali bekerja efektif.

Ubah Pola Pikir

Menurut sebuah penelitian, manusia memiliki kebiasaan untuk menunda-nunda sebuah tugas atau pekerjaan. Jika tugas yang harus dikerjakan terasa sulit, kebanyakan orang cenderung untuk menundanya karena merasa tugas tersebut di luar kemampuan. Sebaliknya, apabila tugas yang diberikan mudah, kebanyakan orang cenderung menunda mengerjakannya karena tahu dapat diselesaikan di detik-detik akhir.

Dengarkan Musik

Menurut sebuah penelitian, musik memiliki kemampuan untuk meningkatkan fokus seseorang saat sedang bekerja. Bekerja mengejar deadline atau bekerja di lingkungan yang bising, musik adalah solusi yang tepat untuk tidak terdistraksi. Musik klasik atau instrumental adalah jenis musik yang paling pas untuk menjaga seseorang agar tetap fokus.

Tetapkan Deadline Untuk Diri Sendiri

Menurut Teori Parkinson, manusia mengerjakan tugas berdasarkan waktu yang ia miliki, bukan berdasarkan kemampuannya. Jika memiliki tugas yang harus diselesaikan seminggu kedepan, coba untuk membuat deadline untuk diri sendiri, satu atau dua hari sebelum deadline.

Menjadi orang yang produktif dalam bekerja atau menyelesaikan sebuah tugas dibutuhkan komitmen serta kesungguhan. Informasi-informasi yang menarik dan terbaru mengenai self-improvement dan careers bisa kamu dapatkan di Kurio. Aplikasi kurasi berita ini menampilkan ratusan topik pilihan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ingin menjadi lebih produktif? Kurio jawabannya.

Related Post