Kebiasaan Jajan Di Luar Pada Anak
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Kebiasaan Jajan Di Luar Pada Anak

Kebiasaan Jajan Di Luar Pada Anak

blogpost-20151110-01_1024

Bukan hal yang mengherankan kalau anak kecil senang jajan diluar. Kandungan Monosodium Glutamat (MSG) pada jajanan diluar biasanya lebih banyak sehingga dapat menambah rasa sedap pada makanan tersebut. Kalau sudah begini, anak kecil mana yang tidak ketagihan jajan diluar? Namun, jika berlebihan, MSG tersebutlah yang berbahaya karena kandungan kimia didalamnya dapat merusak fungsi organ bagian dalam dan luar tubuh. Bayangkan jika bahaya tersebut menggerogoti anak Anda yang notabene sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna. Baca bahaya MSG selengkapnya disini.

Jangan buru-buru memarahi anak Anda saat mereka merengek minta jajan. Bagaimana sih awal mulanya anak menjadi hobi jajan diluar? Bisa jadi hal ini adalah kesalahan kita sendiri sebagai orang tua. Awalnya, anak-anak tidak mengerti apapun tentang jajan, namun saat anak mulai mengerti dan belajar bicara, mereka belajar dan mencoba mencerna banyak hal, termasuk cara didik kita sebagai orang tua. Dilansir dari majalahsakinah.com, kebiasaan awal anak menjadi senang jajan mungkin karena beberapa orang tua, bila anak rewel akhirnya mengajak mereka jajan untuk mendiamkannya, atau beberapa orang tua memang punya kebiasaan jajan yang akhirnya ditiru oleh anak.

Cara Mengatasi

Untuk memperbaiki kebiasaan buruk anak, kita sebagai orang tua harus mau menjadi repot untuk mengubah hal tersebut menjadi sesuatu yang baik. Tapi percayalah, moms and dads, effort kita akan terbayar sebanding, kok. So, coba deh tip berikut agar anak tak lagi ‘kecanduan’ jajan diluar.

Hidangkan Makanan Rumah Yang Tak Kalah Sedap

image source: www.huffingtonpost.com

Pahami dulu makanan favorit anak Anda sebelum memasak, setelah itu hidangkan sajian dengan rasa yang menggunggah selera tanpa bantuan MSG. Anda dapat mengganti aroma dan rasa sedap dengan bawang yang ditumis atau tambahan bahan kaldu, keju parmesan, ataupun ebi.  Sebagai upaya preventif, anak harus dikenalkan pada pola makan yang sehat. Tercukupinya kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral akan menjamin anak merasa kenyang lebih lama.

Bawakan Bekal Yang Menarik

image source: www.parenting.com

Selain rasa yang sedap, anak juga akan tertarik dengan bentuk makanan yang lucu. Bawakan kudapan/bekal sebagai upaya mengurangi kebiasaan jajan anak. Membawa bekal sendiri menjamin anak mendapatkan makanan sehat dan aman. Lewat bentuk makanan yang menarik, anak akan lebih lahap menyantapnya. Sesekali, ajak juga si kecil membuat bekal bersama.

Selalu Sediakan Camilan

image source: www.happyhealthymama.com

Untuk Anda  yang bersungguh-sungguh ingin menghapus kebiasaan jajan pada anak, selalu sediakan camilan home made yang sehat. Cokelat atau makanan manis lainnya sebenarnya dapat Anda racik sendiri dirumah sehingga anak tidak perlu jajan di luar. Berbagai snack seperti cookies atau ice cream dengan bahan yang aman, akan memuaskan rasa yang ingin didapat oleh si kecil tanpa takut mereka terserang penyakit.

Menabung Uang Jajan

image source: www.huffingtonpost.com

Jika diperlukan, beri uang saku secukupnya pada anak. Uang jajan yang berlebih dapat menjadi salah satu faktor anak gemar jajan di luar. Ajak anak menabung sejak dini. Ajarkan kepada mereka bahwa dengan menabung, mereka dapat membeli sebuah barang yang mereka inginkan dengan uang mereka sendiri. Agar menabung menjadi kegiatan yang menyenangkan, Anda dapat berkreasi bersama buah hati dengan membuat sendiri celengan yang unik.

Sosialisasikan Dampak Buruk Dari Jajan Sembarangan

image source: www.huffingtonpost.com

Berikan penjelasan kepada anak mengenai resiko jajan makanan sembarangan. Berikan pengetahuan mengenai jenis makanan yang sehat dan tempat jajan yang sehat. Hal ini akan membantu anak untuk selektif saat jajan dan mengurangi keinginan anak untuk jajan sembarangan.

So, moms and dads, tetap sabar dan jadikan proses mengasuh anak kegiatan yang fun, ya! Untuk resep dan panduan makanan sehat lainnya, ikuti topik Culinary dalam Kurio. Anda juga dapat mengakses berita dan tip menarik seputar Family & Parenting dalam topik Life & Health di Kurio. #HappyParenting