5 Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 5 Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

5 Kebiasaan Yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur

blogpost-20151105-01

Kita semua pasti sering mendengar kisah dari para orang yang telah sukses tentang bagaimana mereka bisa mencapainya dengan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setelah mereka bangun tidur setiap pagi. Namun apakah kamu menyadari bahwa tidak hanya kegiatan di pagi hari yang bisa membantumu menjadi sukses, tetapi ada juga beberapa waktu penting lainnya. Ternyata waktu sebelum mereka tidur juga menjadi salah satu faktor yang mendukung mereka menjadi sukses.

Jadi apa saja kebiasaan yang dilakukan oleh para orang sukses untuk mendapatkan hari yang lebih produktif? Mari kita simak lima rahasia tersebut:

  1. Membaca selama satu jam

Seorang milyader seperti Bill Gates yang sangat rajin membaca adalah contoh yang menginspirasi. Setiap malam sebelum dia tidur, dia selalu meluangkan waktu untuk membaca hal-hal terbaru seputar politik dan perkembangan terbaru disekitarnya. Menurutnya, selain bisa mendapatkan ilmu baru, membaca setiap harinya dapat mengurangi stress dan dapat meningkatkan daya ingatnya.

Sebuah penelitian tahun 2009 dari University of Essex mengungkapkan bahwa membaca selama enam menit setiap harinya bisa mengurangi tingkat stress sebanyak 68%. Selain itu keuntungan lainnya dari membaca setiap hari di malam hari sebelum tidur bisa meningkatkan kesehatan otak, karena setiap kamu membaca hal itu menjadi seperti olahraga bagi otakmu.

  1. Berjalan atau joging

Sebagai contoh, CEO Buffer  suka sekali beristirahat dengan berjalan cepat  atau joging sebelum ia tidur. Dia memanfaatkan berjalan tersebut untuk melepaskan penatnya dari pekerjaan dan menenangkan dirinya. Sebagai seorang yang sibuk seperti Joel Gascoigne, rutinitas berjalan setiap malam menjadi cara yang paling tepat baginya untuk beristirahat dari hari yang penuh penat. Baginya, selain bisa untuk melepaskan penat namun kegiatan berjalan setiap malam juga memberikannya kesehatan secara tidak langsung. Selain kedua manfaat tersebut, bagi Joel berjalan dimalam hari bisa memberinya pemikiran yang lebih tenang sehingga lebih mudah untuk mendapatkan sebuah jawaban dan menjadi lebih kreatif.

  1. Meditasi

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa bagi seorang pakar pembicara seperti Oprah Winfrey mempunyai waktu setiap malam sebelum tidur untuk bermeditasi. Baginya dengan bermeditasi bisa membantunya beristirahat dari harinya yang sibuk. Menurut sebuah penelitian tahun 2014, meditasi ditemukan dapat mengurangi stress, rasa cemas, hingga depresi. Jadi dengan bermeditasi sebelum  tidur bisa membuat dirimu menjadi lebih tenang setiap harinya sehingga ketika kamu bangun keesokan harinya bisa membuatmu menjadi lebih ceria.

  1. Menjadi kreatif

Ditahun 2006, Vera Wang mengungkapkan bahwa malam hari adalah waktu yang paling pas dan tepat untuk memunculkan ide-ide kreatif untuk mendesain pakaian. Tidak hanya Vera Wang yang menyadarinya, ternyata ada sebuah penelitian dari Albion College mengungkapkan bahwa malam hari memang waktu yang paling sering membuat kita menjadi lebih kreatif walaupun kamu telah cape bekerja seharian. Karena otakmu menjadi lebih relax ketika kamu sedang akan tidur, setelah lebih relax otakmu akan bekerja untuk menyambungkan ide-ide baru yang mungkin baru saja muncul. Jangan lupa untuk segera catat ide-ide kreatif baru tersebut saat itu juga ya.

  1. Rencanakan esok hari

CEO The American Express terbiasa untuk mengatur waktunya dengan cara yang simpel dan mudah yaitu dengan merencanakan tiga hal yang akan dia kerjakan esok hari. Menurutnya, dengan begitu dia bisa bangun keesokan harinya lebih bersemangat untuk mengerjakan tiga hal yang sudah dia rencanakan tersebut. Tidak hanya itu, bagi  Kenneth I. Chenault dengan merencanakan hal-hal yang harus dilakukan esok hari di malam hari membuatnya bersemangat baik sebelum dia tidur hingga dia bangun keesokan harinya.

Terkadang kita suka melupakan bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering kita lakukan setiap harinya ternyata dapat memberikan pengaruh baik dalam kehidupan kita. Tidak hanya kegiatan-kegiatan di pagi atau malam hari seperti yang sudah dijelaskan, masih ada banyak cara atau kebiasaan lainnya yang cukup berarti dalam kehidupan kita untuk menjadi orang sukses. Apa saja? Kini kamu bisa dengan mudahnya mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat seputar kebiasaan untuk menjadi orang sukses dalam sebuah aplikasi baca buatan anak Indonesia bernama Kurio – Smart News App yang bisa di dapatkan di App Store dan Google Play. Dalam Kurio, terdapat topik Self Improvement yang berisikan banyak sekali tips hingga artikel-artikel pilihan yang sudah dikurasi hanya untuk anda yang ingin menjadi orang sukses. Tidak hanya Self Improvement, masih banyak lagi artikel-artikel menarik yang bisa kamu dapatkan setiap waktu dengan cara yang mudah dan menarik. Jadi, jangan pernah terpikir lagi bahwa untuk menjadi orang sukses itu sulit.

 

Sumber

Related Post