Pentingnya Kebiasaan Membaca Berita
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Pentingnya Kebiasaan Membaca Berita

Pentingnya Kebiasaan Membaca Berita

blogpost-20151028

Membaca berita sama pentingnya dengan membaca buku dan memiliki keuntungan yang sangat besar. Bagi beberapa orang, menjelajahi halaman demi halaman surat kabar di pagi hari sebelum memulai aktitivitas, atau tenggelam di dalam lautan informasi dalam surat kabar sambil ditemani oleh secangkir kopi pada sore hari sudah menjadi kebiasaan rutin yang tidak bisa ditinggalkan.

Kebiasaan membaca berita bukan sekadar sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang saja. Dibalik aktivitas yang sederhana ini terbadapat manfaat yang sangat besar. Menurut American Press Institute, berita merupakan bagian dari komunikasi yang dapat memberikan informasi mengenai sebuah kejadian atau isu yang terjadi di dunia.

Berita menyediakan informasi bagi masyarakat yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan mengenai kehidupan sehari-hari. Berita dapat dibuat menarik atau bahkan menyenangkan untuk dibaca. Namun tujuan utama dari sebuah berita adalah alat untuk menambah pengetahuan dari pembacanya.

Jurnalis asal Amerika Serikat, Ida Tarbell pernah menjelaskan mengenai peran berita sebagai sumber informasi yang penting bagi pembacanya.  “Manusia membaca berita karena mereka memiliki prinsip dan tujuan yang ingin dicapai. Mendapatkan fakta dari berita dapat membantu tujuan tersebut,” tulisnya.

Kebiasaan membaca berita dari surat kabar maupun membaca pada umumnya perlahan-lahan mulai berkurang seiring dengan kehadiran internet. Membaca koran sekarang sudah bukan lagi kebiasaan yang dilakukan oleh generasi muda. Untuk memenuhi rasa ingin tahu serta untuk menambah pengetahuan, generasi muda cenderung untuk menggunakan internet dibanding media massa konvensional seperti surat kabar.

Menurut survey yang dilakukan oleh American Press Institute, generasi milenial (generasi yang lahir pada awal 1980 sampai awal 2000) memiliki kebiasaan membaca berita yang lebih kecil dibandingkan dengan golongan orang berumur 45 tahun ke atas.

Kebiasaan membaca berita ini mulai diganti dengan kebiasaan dalam menggunakan internet dan sosial media untuk medapatkan berita. Kesulitan untuk mendapatkan sumber yang dapat dipercaya serta enggan berlama-lama untuk mencari, sebagian besar pengguna internet ini mendapatkan berita serta informasi terbaru dari sosial media yang kadang kredibilitas informasinya dipertanyakan.

Mengutip artikel “The Threat of Real News and Why We Need It” yang ditulis oleh pakar media Glenn Habrooks, ia mengatakan jika kehadiran sosial media ini memengaruhi perilaku generasi muda dalam mendapatkan informasi.

“Kini anak-anak muda telah dibombardir dengan informasi dari social media serta dari sumber lain, sehingga mereka beranggapan tidak membutuhkan berita yang kredibel. Memilih untuk tidak mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya memiliki efek yang sangat buruk, tidak hanya untuk indsutri media namun bagi masyarakat juga,” tulisnya.

Arus informasi yang sangat cepat dan tidak terbatas yang terdapat di jaringan internet, apabila tidak dipilah dengan baik, maka pembaca akan tenggelam dalam banjir informasi yang tidak akan memberikan pengaruh yang positif bagi pembacanya.

Untuk mengurangi banjir informasi dalam di internet serta memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mendapatan berita dari sumber yang terpercaya, kini hadir aplikasi kurasi berita, Kurio. Kehadiran Kurio dalam era internet saat ini berperan sebagai jembatan antara informasi dengan dengan pembacanya. Tim kurasi Kurio secara manual yang dibantu dengan mesin berusaha untuk mimilih serta memilah berita yang layak dan penting untuk dibaca. Dengan begini, Kurio menjamin bahwa berita atau informasi yang ada di Kurio ini berasal sumber yang kredibilitas dan dapat dipercaya. Kehadiran Kurio di tengah perkembangan internet diharapkan dapat menjadi pemicu bagi generasi muda untuk mulai kembali menanamkan kebiasaan membaca pada kehidupan sehari-harinya.

Related Post