6 Tips Menanamkan Kebiasaan Membaca Sejak Dini
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 6 Tips Menanamkan Kebiasaan Membaca Sejak Dini

6 Tips Menanamkan Kebiasaan Membaca Sejak Dini

 

6 Tips Menanamkan Kebiasaan Membaca Sejak DiniMembaca merupakan suatu hal atau kebiasaan yang tidak hanya dapat membantu kita dari sisi pendidikan namun juga dapat membantu kita untuk mengembangkan kepribadian kita.  Dengan membaca, dapat mengajarkan kita banyak hal yang belum kita ketahui sebelumnya sekalipun ilmu yang sudah kita dapatkan dari sekolah. Oleh karena itu ada baiknya jika kita mampu untuk mengajarkan sejak dini kepada anak-anak untuk membiasakan diri dengan kegiatan membaca.

Kebiasaan membaca dapat menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan selama kita membuatnya menjadi sebuah beban terutama bagi anak-anak. Hal ini terkadang terlihat sulit oleh sebagian orang tua untuk mengajarkan kebiasaan membaca kepada anak-anaknya. Namun, ada beberapa tips yang dapat diikuti dan diterapkan oleh para orang tua untuk menanamkan kebiasaan membaca sejak dini, simak tips berikut:

  1. Bacakan sesuatu sejak dia lahir

Sejak hari pertama sang buah hati lahir hingga dia berada di rumah, kamu sebetulnya dapat membuatnya terbiasa dengan membaca. Karena anak yang baru lahir lebih merespon terhadap suara apa pun yang dia dengar sehingga jika kamu rajin membacakan buku berkisah setiap harinya sejak sang buah hati lahir maka dia akan memiliki potensi menjadi orang yang penuh rasa ingin tahu saat dia tumbuh besar nanti.

  1. Biarkan dia melihatmu sedang membaca

Baik kegiatan membaca apa pun yang sedang kamu lakukan, baik kamu sedang membaca buku, majalah, blog atau artikel secara online, cobalah biarkan anak-anakmu melihat apa yang sedang kamu kerjakan. Karena anak-anak cenderung untuk mengikuti apa yang mereka lihat setiap harinya dari kamu. Jika anak kamu melihat kamu terlihat senang dan menikmati waktu membacamu, maka anakmu juga pasti akan mengikuti minat membaca kamu.

  1. Buatlah tempat membaca

Sebuah tempat membaca tidaklah harus sebuah ruangan yang besar dan memiliki banyak rak buku. Cukup menyediakan sofa atau kursi membaca di sudut kamar anakmu. Pastikan tempat sofa atau kursi tersebut berada ditempat yang pencahayaannya cukup dan tempat tersebut nyaman saat dia membaca.

  1. Biarkan dia memilih apa yang disukai untuk dibaca

Jangan pernah memaksakan apa yang seharusnya dia baca, biarkan dia bebas memilih topic atau minat apa yang dia sukai untuk di abaca. Anak-anak memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi akan suatu hal, oleh karena itu alangkah baiknya membiarkan dia memilih sendiri apa yang dia sukai untuk dibaca. Sehingga dia tidak akan memiliki sebuah pemikiran bahwa membaca itu adalah sebuah beban. Biarkanlah dia untuk meng-explore sendiri apa yang dia sukai.

  1. Ajarkan untuk memiliki waktu membaca setiap harinya

Membaca kini tidaklah selalu harus dari sebuah buku, ajarkanlah dia saat dia mulai dewasa untuk memiliki waktu setiap harinya untuk membaca walaupun tidak harus dari buku. Ajarlah untuk membuat kegiatan membaca menjadi lebih praktis seperti dengan membaca buku-buku secara online maupun membaca artikel-artikel bermanfaat dari dunia maya. Sehingga dia akan merasakan bahwa kegiatan membaca setiap hari itu tidak menyusahkan.

  1. Jadilah contoh membaca yang baik

Sebagai orang tua, kamu adalah guru atau contoh yang pertama bagi dia, dari kamulah yang menjadi panutannya sejak pertama dia lahir. Tidaklah sulit untuk menjadi contoh membaca yang baik untuk anakmu, saat dia sedang membaca cobalah untuk menemaninya sesekali dan tanyakan apa ada hal yang dia tidak mengerti dari apa yang dia baca dan cobalah untuk menjelaskan hal yang dia tidak mengerti tersebut, dengan begitu kamu bisa mengikuti perkembangan membaca dia.

Tidak sulit bukan menjadi orang tua yang dapat menanamkan kebiasaan membaca sejak dini kepada buah hatinya? Selama kita memiliki banyak ilmu atau pengetahuan maka untuk menjadi contoh bagi anak-anak kita tidaklah sulit. Mungkin masih ada banyak tips dan informasi yang bisa didapatkan bagi kamu para orang tua seputar kebiasaan membaca untuk anak-anak atau mungkin tips-tips parenting lainnya yang bermanfaat bagi kamu. Seperti topik Parenting yang ada dalam aplikasi Kurio – Smart News App yang bisa didapatkan di App Store dan Google Play. Informasi-informasi penting dan pilihan seputar parenting telah disajikan dalam satu topik dari berbagai sumber terpercaya.

Sama seperti visi dari Kurio itu sendiri yang ingin sekali mengajak banyak masyarakat untuk dapat membuat kegiatan membaca adalah sebuah kebiasaan yang menyenangkan sehingga kita bisa menjadi pribadi yang lebih pintar dan lebih baik lagi kedepannya. Jadi jangan ragu lagi ya, untuk para orang tua atau calon orang tua untuk menanamkan kebiasaan membaca sejak dini bagi buah hatinya.

 

Sumber

Related Post