Kebiasaan Sederhana Untuk Jadi Lebih Pintar
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips Kebiasaan Sederhana Untuk Jadi Lebih Pintar

Kebiasaan Sederhana Untuk Jadi Lebih Pintar

 

Kebiasaan Sederhana Untuk Jadi Lebih PintarOtak manusia mampu memroses dan menyimpan informasi yang tidak terbatas. Namun, setiap manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memanfaatkan kemampuan otaknya. Melatih serta meningkatkan kinerja otak dapat dilakukan dengan beragam latihan atau kebiasaan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti kebiasaan yang sederhana ini, dapat meningkatkan kinerja otak dan membuat kamu menjadi lebih pintar lagi.

MINUM AIR PUTIH

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 60% air sehingga manusia dewasa membutuhkan dua sampai tiga liter air putih perharinya. Jumlah ini dibutuhkan untuk melarutkan racun dalam tubuh, menjaga tubuh tidak kekurangan cairan, dan masih banyak lagi. Selain tetap menjaga jumlah cairan di dalam tubuh, mengonsumsi air putih dengan jumlah yang tepat juga mampu mengingkatkan daya pikir serta mengurangi tingkat stress.

Untuk dapat memaksimalkan kemampuan kognitif, otak membutuhkan oksigen yang cukup banyak. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, otak memiliki persediaan oksigen yang cukup untuk bekerja.

MAIN VIDEO GAME

Bermain video game tidak selamanya memiliki efek negative.  Rutin bermain video game denga waktu yang tidak terlalu lama ternyata mampu meningkatkan kemampuan memori, fokus serta kemampuan untuk multitasking.

Menurut beberapa penelitian yang dijalankan, bermain video game ini merupakan kegiatan yang lebih baik dibanding dengan menonton serial atau film di TV. Interaksi yang antara pemain game dengan karakter yang dimainkan membuat kegiatan ini tidak pasif serta merangsang beberapa sensor di tubuh manusia dibanding dengan hanya duduk dan menonton saja.

SENYUM DAN TERTAWA

Berdasarkan penelitian,, senyum dan tertawa memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh dan pikiran manusia. Menjaga perasaan hati senang dengan terus tersenyum dan tertawa ternyata mampu meningkatkan kinerja otak. Tertawa dapat menstimulus sisi kanan dan kiri otak manusia yang dapat meningkatkan kreativitas. Dengan begitu, otak lebih terbuka dengan ide-ide baru, meningkatkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah, serta dapat menyeleasikan pekerjaan lebih efisien.

TIDUR YANG CUKUP

Ibarat sebuah mesin, tubuh dan otak manusia membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat kembali bekerja dengan efektif. Menurut penelitian, saat tubuh beristirahat di malam hari, otak manusia tetap melakukan pekerjaan yang cukup penting. Otak serta menyimpan informasi baru yang kemudian disimpan di dalam memori.

Dengan membiasakan diri dengan tidur selama enam sampai delapan jam per harinya, dapat meningkatkan kinerja otak serta kemampuan untuk lebih fokus.

MEMBACA

Bukan rahasia lagi kalau membaca menjadi salah satu aktivitas yang penting untuk menambah wawasan dan membuat manusia menjadi lebih cerdas. Namun, selain membaca buku pengetahuan ataupun non-fiksi, masukan informasi berupa berita pun dibutuhkan oleh manusia untuk meningkatkan kemampuan otaknya.

Saat ini banjir informasi yang di media massa menyulitkan seseorang untuk mendapatkan informasi yang benar dan bermanfaat bagi pengetahuannya. Kualitas serta tingkat kepercayaan yang rendah terhadap beberapa media massa membuat keinginan seseorang untuk membaca berkurang.

Untuk menyaring informasi yang penting dan terpercaya, kini telah hadir aplikasi kurasi berita karya anak Indonesia, Kurio. Dengan menggunakan Kurio, berita yang didapat telah disaring sehingga apa yang didapat merupakan berita dan informasi terpilih dari sumber yang terpercaya. Unduh aplikasi ini di App Store dan Google Play.

Kebiasaan di atas sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupann kamu sehari-hari. Mulai biasakan diri dengan kegiatan yang sederhana ini mampu meningkatkan kecerdasan kamu untuk jangka waktu yang panjang.

Related Post