5 Ritual Rutin CEO Dunia Yang Bisa Kamu Tiru
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 5 Ritual Rutin CEO Dunia Yang Bisa Kamu Tiru

5 Ritual Rutin CEO Dunia Yang Bisa Kamu Tiru

 

5 Ritual Rutin CEO Dunia Yang Bisa Kamu TiruMemiliki waktu 24 jam sehari sama seperti orang lain, namun beberapa CEO ternama ini memiliki kebiasaan yang mampu membedakan dirinya dengan orang lain. Pola hidup yang mereka terapkan ini bukan kebiasaan yang sulit untuk dituru dan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-harinya.

Ingin menjalani pola hidup untuk sukses, coba terapkan kebiasaan positif dari beberapa CEO ternama di dunia berikut ini.

Bangun Pagi

Bangun pagi dapat diartikan sebagai bangun lebih awal sehingga memiliki beberapa jam waktu luang sebelum memulai aktivitas. Apa yang dapat dilakukan pagi hari sebelum memulai aktivitas ini yang paling penting. Memiliki banyak waktu luang di pagi hari, banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti berolahraga atau membaca berita lewat Kurio.

Menurut penelitian dari beberapa ilmuwan terkemuka, kebiasaan bangun pagi ini memiliki dampak yang sangat positif. Beberapa nama CEO terkemuka yang terbiasa bangun lebih awal ini antara lain Tim Cook – CEO Apple, Robert Iger – CEO Disney, Paul Polman – CEO Unilever, dan masih banyak lagi.

“Saya terbiasa bangun pukul 4.30 dan mulai bekerja lebih pagi. Saya menyukai suasana tenang di pagi hari yang dapat memberi energi bagi tubuh,” ungkap Robert Iger, CEO Disney.

OLAHRAGA RUTIN

Olahraga di pagi hari sebelum memulai rutinitas memiliki banyak keuntungan. Tidak hanya memberi energi ekstra, kebiasaan ini pun dapat membuat seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari. Kebiasaan ini sudah diterapkan oleh banyak CEO terkemuka. Pendiri Virgin Group, Richard Brenson yang terbiasa bangun pada pukul 5 pagi mengaku jika dirinya tidak pernah melewatkan olahraga pagi sebelum memulai rutinitasnya sehari-hari.

MEDITASI

Meditasi merupakan kegiatan yang baik dilakukan rutin di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Selain dapat mengurangi tingkat stress dan tekanan darah, meditasi dapat digunakan sebagai momen untuk merefleksikan apa yang telah dikerjakan serta menyusun prioritas untuk menyelesaikan tugas yang harus dikerjakan. Beberapa tokoh terkemuka seperti Opray Wifrey serta CEO News Corp dan 21st Century Fox, Rupert Murdoch tidak pernah meninggalkan ritual meditasi pagi hari sebelum memulai rutinitas mereka.

“Saya memulai pagi hari dengan meditasi. Dengan ini saya dapat tetap tenang di lingkungan dunia bisnis yang sangat sibuk dan dapat membuat stress. Saya tidak dapat membayangkan jika harus menjalankan bisnis tanpa bermeditasi,” ujar Jeremy Hallett, CEO Quotacy, perusahaan asuransi hidup.

MENGURANGI RAPAT

Bagi beberapa CEO, rapat merupakan kegiatan yang membuang waktu mereka. Kebanyakan rapat yang sering dihadiri penuh dengan basa-basi dan menghabiskan waktu cukup lama.  Rapat yang memakan waktu ini dapat diganti dengan diskusi tim, percakapan lewat email, atau telepon. Waktu yang terbuang dengan basa-basi di rapat dapat dimanfaatkan dengan mengerjakan hal yang lebih penting.

“Rapat cukup membuang waktu apabila tidak ada kesepakatan yang terjadi. Ada banyak cara untk berkomunikasi dengan rekan atau kerabat dibanding rapat. Jika harus mengadakan rapat, tentukan durasi serta hasil yang ingin diraih sebelum menghadirinya,” ujar Mark Cuban, CEO Dallas Maverick.

SUSUN RENCANA

Tidak dapat dipungkiri jika banyak pekerjaan atau kegiatan yang harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas. Untuk dapat mengatur jadwal kegiatan, dibutuhkan sebuah catatan untuk dapat menyusun prioritas. Beberapa CEO telah menerapkan hal ini agar semua kegiatan yang harus dilakukannya tidak tercecer atau tidak terbengkalai.

“Setiap malam atau pagi hari, saya selalu menyusun rencana tertulis dan menyusun prioritas kegiatan yang dicapai disetiap hari. Seiiring berjalannya waktu, saya menandai mana yang telah diselesaikan. Cara seperti ini dapat membantu saya fokus dalam mencapai target yang ingin dicapai,” jelas Payman Taei, CEO Visme.

Rutinitas yang telah disebutkan di atas bukan kebiasaan yang sulit untuk diikuti. Dengan mengikuti kebiasaan para CEO, waktu yang dimiliki akan lebih banyak serta dapat bekerja lebih efektif lagi. Waktu luang yang didapatkan ini bisa kamu manfaatkan dengan kegiatan lain yang bermanfaat serta dapat menambah wawasan dan infomasi, seperti membaca berita.

Menggunakan aplikasi Kurio, membaca berita menjadi lebih mudah serta menyenangkan. Aplikasi kurasi berita karya anak Indonesia ini memungkinkan kamu untuk bisa memilih topik berita atau informasi yang sesuai dengan minat. Unduh Kurio di App Store serta Google Play untuk dapat merasakan kemudahan membaca berita pilihan dari berbagai sumber yang terpercaya.

Related Post