5 Cara Membuat Kegiatan Membaca Lebih Efektif
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 5 Cara Membuat Kegiatan Membaca Lebih Efektif

5 Cara Membuat Kegiatan Membaca Lebih Efektif

5 Cara Membuat Kegiatan Membaca Lebih EfektifDalam kehidupan sehari-hari, kita sering sekali dihadapkan dengan waktu dimana kita menjadi malas untuk memulai kegiatan membaca kita. Semua itu berasal dari sebuah kebiasaan malas untuk membaca sehingga tidak jarang kita lebih sering menghabiskan waktu sehari-hari kita dengan kegiatan yang lebih menarik lainnya.

Hal tersebut tidak dapat dipungkiri pasti kita alami oleh masing-masing pribadi setiap harinya. Kita sering menjadi malas ketika berurusan dengan sesuatu yang berhubungan dengan membaca walaupun kita sudah mencoba mengatur waktu sedemikian rupa agar mempunyai waktu untuk membaca setiap harinya. Tidak hanya masalah waktu, kita juga kadang mengalami masalah karena kita tidak mengerti akan apa yang kita baca.

Dari alasan-alasan tersebut, kami coba berikan 7 cara mudah agar kegiatan membaca kita bisa menjadi lebih efektif dan produktif:

  1. Sebelum mulai membaca, buat daftar pertanyaan

Sebelum kamu mulai membaca, kamu pasti akan mempunyai rasa ingin tahu akan topik atau hal yang akan kamu baca. Dari sini kamu bisa mulai membuat 3 pertanyaan dasar sebelum kamu mulai membacanya, seperti:

  • Apakah saya sudah pernah membaca artikel ini?
  • Hal apa saja yang perlu saya ketahui dari artikel ini?
  • Apa saya bisa membayangkan atau mengambarkan mengenai artikel ini?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa memberikanmu pandangan paling dasar untuk kamu kembangkan atau cari tahu lebih lagi dari sebuah bahan bacaan kamu, bisa dari buku maupun dari sebuah artikel. Artinya, jika kamu sudah mulai penasaran sejak awal akan sebuah artikel maka kamu tidak hanya sekedar membaca tapi kamu telah menanamkan rasa ingin belajar lebih banyak lagi sebuah bahan bacaan kamu itu.

  1. Selama membaca, beri jeda dan buat pertanyaan lagi

Selama kamu sedang membaca cobalah untuk berhenti sejenak dan mengerti akan apa yang sudah kamu baca dan kamu pahami kemudian cobalah untuk tanyakan lagi beberapa pertanyaan, seperti:

  • Apakah hal ini masuk akal?
  • Bagaimana informasi ini berkaitan dengan hal yang sudah kita ketahui?
  • Apa pendapat sang penulis?
  • Saya perlu mencari tahu arti dari istilah-istilah tersebut.
  • Sepertinya saya masih butuh informasi lebih…

Dengan kamu memberi jeda dalam kegiatan membaca kamu, kamu sebetulnya sedang memberi evaluasi atas apa yang sudah kamu baca. Apalagi jika kamu bisa mendapatkan maksud dan tujuan dari sang penulis, maka proses pemahaman kamu akan menjadi lebih efektif dan kamu bisa mencari istilah-istilah yang mungkin belum kamu pahami.

  1. Selama membaca, coba bayangkan tulisan tersebut

Supaya kamu bisa lebih memahami apa yang sedang kamu baca, ada pentingnya juga kamu coba buat gambaran dari semua yang sudah kamu baca dengan cara:

  • Gambarkan seperti apa informasi-informasi yang sudah kamu baca
  • Buat sebuah gambaran proses atau kronologi dari informasi-informasi tersebut.

Dengan begitu kamu menjadi lebih mudah untuk mengingat apa yang sudah kamu baca dan mudah untuk memahaminya.

  1. Selama membaca, buatlah catatan penting

Ketika kita sedang membaca, kita harus mampu untuk bisa menyambungkan potongan-potongan informasi yang sudah kita miliki menjadi satu kepemahaman. Caranya, sambil kamu membaca informasi-informasi baru cobalah untuk mengaitkannya dengan informasi yang sudah kamu ketahui jauh sebelum kamu membaca informasi yang baru ini. Dengan cara begini kamu bisa menjadi lebih paham akan apa yang sudah kamu baca.

Tidak hanya itu, ketika kamu membaca dan menemukan hal-hal yang menurutmu penting untuk kedepannya kamu bisa membuat catatan-catatan penting, seperti; Buatlah catatan dengan bahasa yang kamu pahami sehari-hari dan buatlah seperti sebuah paduan yang mudah dimengerti.

  1. Setelah membaca, buatlah rangkuman

Setelah kamu selesai membaca sebuah buku atau artikel, buatlah rangkumannya dan baca kembali rangkuman tersebut dan berilah beberapa pertanyaan, seperti:

– Apakah saya mengerti buku atau artikel tersebut?

– Hal apa saja yang saya ingat dari buku atau artikel tersebut?

– Apa yang menjadi pesan utama dari buku atau artikel tersebut?

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan memberikan kamu kesempatan-kesempatan baru untuk mencari tahu lebih banyak lagi mengenai topik tersebut.

 

Coba kamu terapkan cara-cara tersebut diatas maka kegiatan membaca kamu pasti akan menjadi lebih menarik dan efektif. Selama kamu bisa mengerti dengan mudah dan cepat sebuah bacaan maka kamu pasti akan menjadi lebih tertarik dengan kegiatan membaca sehingga kegiatan membaca bukanlah menjadi suatu kegiatan yang membosankan. Ditambah jika kamu bisa mendapatkan beberapa referensi mengenai suatu topik dalam satu tempat akan membuat kegiatan membaca kamu semakin menyenangkan.

Seperti aplikasi berita yang memuat banyak sumber berita dalam satu tempat bernama Kurio. Kurio menyajikan banyak sumber artikel akan satu topik yang kamu minati dalam satu  aplikasi sehingga lebih memudahkan lagi kegiatan membacamu. Melalui Kurio, sebuah aplikasi buatan anak Indonesia yang terdapat di App Store dan Google Play mengajak masyarakat luas untuk dapat memulai kebiasaan membaca setiap harinya karena kami telah memberikan wadah tersebut. Sebuah aplikasi baca yang berisikan artikel-artikel dari topik-topik pilihan kamu sendiri siap membuatmu bertambah wawasan setiap harinya dengan tampilan yang menarik dan unik.

 

Sumber

Related Post