Bytes of the Week: News (10-16 Oktober 2015)
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Bytes of the Week Bytes of the Week: News (10-16 Oktober 2015)

Bytes of the Week: News (10-16 Oktober 2015)

Selamat pagi! Banyak berita penting yang terjadi selama seminggu ini. Berikut lima di antaranya yang mungkin Anda lewatkan.

Heli jatuh di Sumatera Utara. Satu selamat, empat masih hilang.
Kecelakaan naas menimpa helikopter EC 130. Dua hari usai musibah, satu korban ditemukan selamat, terapung di hamparan eceng gondok di kawasan Danau Toba. Namun empat awak dan penumpang lainnya hingga kini, lima hari usai kecelakaan belum tahu rimbanya. Hingga akhir pekan ini, pencarian sulit dilakukan karena terkendala kabut asap di Danau Toba. “Kita ingin melakukan searching dan evakuasi korban. Namun, setelah sekitar 40 menit terbang atau 5 menit sebelum sampai di Danau Toba cuaca memburuk, sehingga kami terpaksa kembali ke Kualanamu,” jelas Deputi Operasi Basarnas Mayjen TNI Heronimus Guru. (via Merdeka.com)

Rusuh di Singkil, Aceh, tujuh provokator diburu.
Isu agama merebak di ujung barat Indonesia. Di kawasan Serambi Mekah, kekerasan mengatasnamakan Tuhan dalam bentuk membakar gereja. Sekitar 200-300 orang bergerang membakar rumah ibadah yang terletak di beberapa titik di kawasan tersebut. Akibatnya, ribuan warga mengungsi ke Sumatera Utara karena ketakutan. Polisi langsung memeriksa 47 saksi terkait kerusuhan tersebut. Dari seluruh saksi tersebut, polisi sudah menahan tiga orang tersangka dan memburu tujuh tersangka lainnya yang diduga terlibat pembakaran gereja dan memprovokasi warga. “Mudah-mudahan cepat tertangkap dan menyerahkan diri lebih bagus,” kata Kepala Kepolisian Daerah Aceh Inspektur Jenderal Husein Hamidi. (via Tempo.co)

Sekjen Nasdem jadi tersangka korupsi, berani usut lebih jauh?
Sehari usai ditetapkan tersangka, Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella langsung menjalani pemeriksaan di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu, ia juga telah mengundurkan diri dari jabatannya di partai. Kasus suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara di Sumatera Utara lah yang menyeret pejabat partai baru tersebut ke Rutan Guntur. Sejumlah politisi menanyakan langkah berani KPK, apakah berani untuk mengusut lebih jauh kasus yang juga menyeret nama pengacara kondang, OC Kaligis ini. Bisa-bisa, nama besar lain seperti Jaksa Agung M Prasetyo bahkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh perlu dibidik. “Ya ini (dugaan keterlibatan Jaksa Agung) semuanya perlu adanya bukti-bukti yang kuat. Kita tidak boleh memberikan suatu penilaian-penilaian dengan dasar informasi-informasi. Karena Jaksa Agung juga kita perlukan supaya Jaksa Agung ini betul-betul bisa berdiri dengan sebaik-baiknya dan dicontoh oleh masyarakat. Jadi kita berikan kepercayaan penyidik (KPK),” ujar Ketua DPR Setya Novanto. (via Sindonews.com)

Cek kasus korupsi di NTB, mobil penyidik KPK kecelakaan.
Saat sedang mengusut dugaan kasus korupsi di Dompu, Nusa Tenggara Barat. Mobil iring-iringan penyidik KPK mengalami kecelakaan. Di dalam mobil tersebut, ditumpangi oleh penyidik kenamaan KPK, Novel Baswedan. Ia mengalami luka cukup serius dan harus mendapat jahitan di kepalanya akibat kecelakaan tersebut. Akibat kecelakaan tersebut, tim langsung ditarik dari Nusa Tenggara dan langsung diterbangkan kembali ke Jakarta malam itu juga. (via Metrotvnews.com)

Masalah asap belum tertanggulangi, titik panas makin memburuk.
Meski sudah membiarkan bantuan asing masuk, kebakaran hutan di Indonesia masih belum tertanggulangi. Menurut Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut B. Panjaitan jumlah titik api di Indonesia malah kini sudah menembus lebih dari seribu titik. Ia menyebut hal ini memburuk dan perlu langsung dipertanggungjawabkan penanggulangannya dengan Dewan Perwakilan Rakyat. “Seperti Sumatera Selatan kita lakukan bombardermen, tapi tadi agak memburuk. Karena jumlah hotspot meningkat. Kenapa? Karena kekeringan gambut luar biasa,” ucapnya. (via Sindonews.com)

Bytes of the Week adalah rangkuman lima berita paling menarik setiap minggunya yang dikurasi oleh tim kurator Kurio. Artikel yang diangkat pada rubrik ini dipilih berdasarkan kualitas keberitaan, sumber yang terpercaya, dan fungsinya bagi khalayak. Anda dapat mengikuti topik-topik terkait di aplikasi Kurio.

Related Post