4 Kiat Untuk Tetap Fokus Saat Bekerja
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 4 Kiat Untuk Tetap Fokus Saat Bekerja

4 Kiat Untuk Tetap Fokus Saat Bekerja

4 Kiat Untuk Tetap Fokus Saat BekerjaMenjadi produktif saat bekerja dapat merefleksikan diri kita juga untuk menjadi produktif dalam kehidupan kita terutama ketika aktifitas pribadi dan pekerjaan kamu saling melengkapi. Namun untuk tetap bisa fokus saat bekerja dan bisa menjadi produktif terlihat tidak mudah, oleh karena itu ada beberapa tips oleh Sandhya Venkatachalam, Co-Founder and Partner of Centerview Capital untuk tetap fokus saat bekerja dan menjadi lebih produktif:

  1. Siapkan tubuh dan pikiranmu.

Menjaga tubuh dan energi yang ada sama pentingnya seperti kamu mengatur waktumu. Ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa kurang tidur dapat mengurangi energi dan produktifitasmu yang dimana dengan berolahraga dan bermeditasi bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu. Selain itu cobalah istirahatkan pikiranmu beberapa saat dengan mengisinya dengan hal-hal ringan saja seperti membaca topik-topik sesuai dengan hobi atau kegemaranmu. Kemudian seimbangkan dengan tidak memakan terlalu banyak setiap harinya. Dengan begitu maka tubuh dan pikiranmu akan mampu untuk menghadapi hari dan meningkatkan produktifitasmu.

  1. Buat lingkungan kerja yang rapi.

Walaupun menjadi orang yang serba bisa membuatmu terasa produktif, namun sebetulnya hal itu membuatmu tidak produktif dan membuatmu stress. Cobalah untuk mengatur semuanya dengan rapi seperti tidak terlalu sering melihat handphone mu, jadwalkan waktu mengecek emailmu dan membalasnya dan atur jadwal meetingmu sehingga kamu bisa tetap fokus pada pekerjaanmu.

  1. Buat daftar rencanamu dan laksanakan.

Buatlah daftar semua hal yang harus kamu lakukan baik dari hal besar hingga hal kecil. Dangan hal ini sebetulnya bisa membuatmu lebih teratur dan membantumu mengurangi rasa stress kamu ketika kamu lupa akan suatu hal. Kemudian mulai rincikan tugasmu mulai dari yang paling penting dikerjakan hingga yang tidak terlalu penting. Jika kamu sedang tidak ada hal yang penting untuk dikerjakan cobalah untuk membuat daftar hal-hal yang sudah dikerjakan sehingga kamu bisa mengetahui apakah masih ada yang tertinggal. Dengan begini jelas kamu akan mempunyai hari yang lebih produktif dan tetap fokus.

  1. Manfaatkan bantuan.

Banyak orang yang hanya peduli dengan hal yang bisa dikerjakan oleh dirinya sendiri, namun sebetulnya rekan kerja bisa membantumu dan membuat pekerjaanmu lebih cepat selesai. Selalu bantu temanmu dan jangan sungkan untuk meminta bantuannya ketika kamu membutuhkannya.

Hampir semua kebiasaan sehari-hari yang tidak teratur akan menghasilkan hal yang kurang maksimal. Menjadi lebih produktif bukan berarti kamu harus merubah semua kebiasaanmu, namun cobalah untuk menjadi lebih efektif beberapa persen dari hal-hal yang disebutkan diatas dan kamu akan segera melihat perbedaan yang cukup jelas dalam produktifitasmu.  Ada pula beberapa tips yang telah pernah kami bagikan tentang hal-hal yang dapat dilakukan setiap hari untuk menjadi lebih produktif. Silahkan mencobanya dan bagikan hasil yang sudah kamu alami ke orang-orang terkasihmu.

 

Sumber

Related Post