7 Langkah Untuk Memiliki Akhir Pekan yang Produktif
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 7 Langkah Untuk Memiliki Akhir Pekan yang Produktif

7 Langkah Untuk Memiliki Akhir Pekan yang Produktif

7 Langkah Untuk Memiliki Akhir Pekan yang Produktif

Kebanyakan orang menghabiskan akhir pekannya untuk bersantai. Namun faktanya, tidak semua orang selalu mempunyai waktu seperti itu. Misalkan jika kamu adalah seorang pengusaha dan kamu pasti akan terus memikirkan pekerjaanmu, tujuh hari sekali.

Ketika kamu tidak dapat berada di meja kantormu setiap hari, sebetulnya itu membantumu membuat gaya hidupmu sehingga kamu dapat lebih bersantai dijadwal yang sibuk.

Berikut terdapat beberapa langkah untuk menikmati akhir pekanmu menjadi lebih produktif di akhir pekan:

  1. Jangan bekerja 24/7.

Walaupun ada baiknya memikirkan pekerjaanmu di akhir pekan, namun kamu seharusnya tidak “terpaku” pada pekerjaan itu di akhir pekan. Jangan habiskan waktumu membuka laptop dan mengecek emailmu terus menerus. Sebaiknya kerjakan proyek yang memang kamu sukai atau luangkan waktu sejenak saja untuk mencoba berpikir santai bagaimana bisa memperluas usahamu di akhir pekanmu.

  1. Cek email sekali atau dua kali saja.

Jadwalkan waktu tertentu kamu untuk mengecek email, baca semua email tersebut cek apakah ada masalah penting yang terjadi kemudian jauhkan handphone anda. Jika kamu sudah mempunyai jadwal mengecek email tersebut maka secara otomatis kamu tidak akan mengeceknya setiap saat. Semakin kamu sering mengecek email, maka fokus kamu akan teralihkan selama akhir pekan.

  1. Fokus pada pemulihan stamina.

Bagaimana kamu bisa memulihkan staminamu dari minggu yang melelahkan tergantung pada kepribadian, suasana hari dan keluargamu. Jangan lupa untuk luangkan waktu untuk dirimu sendiri atau biasa disebut quality time. Coba untuk pergi kesuatu tempat yang membuatmu lebih rileks atau habiskan waktumu dengan teman-teman dan keluargamu. Setelah itu, pastikan kamu memiliki stamina yang penuh semangat untuk memulai kembali minggu yang akan datang.

  1. Jangan tidur terlalu lama.

Ada beberapa orang yang suka menunda alarmnya berbunyi dan kembali tidur hingga siang, sebetulnya hal itu tidak baik untuk kesehatanmu. Ketika kamu tidur terlalu lama maka kamu akan merasakan pening sepanjang harimu. Coba jangan menambah jam tidurmu lebih dari dua hingga tiga jam di akhir pekan.

  1. Cari sebuah hobi.

Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk mengerjakan proyek sampingan. Gunakan waktu luangmu di akhir pekan untuk hobimu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Contohnya, jika kamu suka memasak, cobalah buatkan makanan untuk orang rumahmu. Jika kamu suka membaca, cobalah habiskan waktu dengan membaca sambil ditemani secangkir kopi. Sebuah hobi dapat membuatmu produktif juga walaupun kamu sedang tidak bekerja.

  1. Batasi pekerjaan rumah.

Pekerjaan rumah sebetulnya dapat menghabiskan seluruh akhir pekan. Beberapa orang menikmatinya untuk berbelanja keperluan rumah, mencuci pakaian dan membersihkan kamar mandi. Sebetulnya jika kamu mampu, kamu bisa coba untuk menggunakan pembantu rumah tangga untuk mengurusi pekerjaan rumahmu. Apabila kamu suka untuk mengerjakannya sendiri, batasi waktumu. Lakukan sebanyak mungkin yang bisa kamu kerjakan dalam satu jam saja lalu lakukan hal lain yang lebih penting.

     7. Bergerak.

Berolahragalah, baik kamu melakukan tarian-tarian, mengangkat beban atau mengambil kelas yoga. Olahraga secara rutin bisa membantumu menjadi lebih sehat dan mencegah kamu menjadi mudah sakit. Dengan berolahraga kamu bisa merasa lebih bugar dan sehat. Kamu tidak harus melakukan latihan seperti seorang atlet untuk memaksimalkan olahragamu, hanya dengan bersepeda atau berjalan selama 20 – 30 menit telah bisa membuatmu menjadi lebih bugar.

 

Sudah siapkah kamu untuk membuat akhir pekanmu menjadi lebih produktif? 🙂

 

Sumber

Related Post