5 Keuntungan Menjadi Orang yang Penuh Rasa Ingin Tahu
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 5 Keuntungan Menjadi Orang yang Penuh Rasa Ingin Tahu

5 Keuntungan Menjadi Orang yang Penuh Rasa Ingin Tahu

5 Keuntungan Menjadi Orang yang Penuh Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu merupakan bakat yang dimiliki oleh setiap anak kecil selama perjalanannya dia berkembang menjadi seorang dewasa. Kamu sendiri bisa saja mempunyai rasa ingin tahu akan banyak hal tanpa harus hanya fokus pada satu hal saja yang membuatmu ingin tahu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu membiasakan diri menjadi orang yang penuh rasa ingin tahu.

Ada beberapa keuntungan bagi kamu untuk menjadi orang yang penuh rasa ingin tahu, seperti berikut ini:

  1. Dapat memperkuat hubunganmu.

Rasa ingin tahu akan seseorang dan orang-orang disekitarmu dapat membuat kehidupan sosialmu lebih luas. Jika kamu menunjukan ketertarikanmu atas apa yang seseorang ucapkan dan kamu dapat melanjutkan obrolannya maka mungkin saja orang tersebut suka menghabiskan waktu denganmu.

“Orang yang penuh rasa ingin tahu kebanyakan besar adalah pendengar yang baik,” menurut sebuah newsletter yang ditulis oleh Ben Dean, Ph.D. “diawal sebuah hubungan, kita pasti sering membicarakan hobi. Salah satu alasannya adalah karena setiap orang mempunyai ketertarikan yang berbeda-beda. Oleh karena itu orang yang memiliki rasa ingin tahu suka membawa suasana dan keceriaan dalam sebuah hubungan.

  1. Dapat membuat otak terus bekerja.

Membuat otakmu terus bekerja merupakan sebuah usaha jangka panjang,” ucap David Knopman, seorang profesor ilmu saraf di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota. “Jika seseorang dapat terus aktif dan bekerja dalam hidupnya, maka hal itu bisa mencegah kita dari kepikunan.

  1. Dapat membantu mengatasi kegelisahan.

Jika kamu gugup dikencan pertamamu, itu adalah hal yang normal. Namun rasa ingin tahu kamu untuk mengetahui lebih jauh tentang kekasihmu dapat membantumu untuk menghilangkan kegelisahanmu.

Orang yang mempunyai rasa kegelisahan yang tinggi dan juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi kebanyakan akan menomor satukan rasa ingin tahunya terlebih dahulu agar motivasi yang dia inginkan tercapai terlebih dahulu dibandingkan dengan rasa kegelisahannya.

  1. Dapat menumbuhan kegembiraan.

Ketika kita mempunyai rasa ingin tahu, kita mampu untuk meninggalkan rutinitas sehari-hari kita yang membosankan. Dari pada kita sibuk untuk membuat aturan bagi kehidupan kita, lebih baik kita mendorong kita untuk belajar lebih banyak melalui rasa ingin tahu kita sehingga kita dapat lebih berkembang.

  1. Dapat belajar banyak hal.

Belajar dapat menjadi lebih menyenangkan ketika rasa ingin tahu kita juga besar. “selalu temukan cara-cara seperti membaca untuk menemukan hal-hal yang kamu ingin ketahui” menurut saran Lifehacker. Ketika kamu sudah mulai jenuh dengan suatu hal yang tak bisa kamu temukan jawabannya, coba untuk beristirahat sejenak dengan bersantai kemudian kamu kembali untuk mencari tahu. Menurut penelitian, dengan begitu kamu bisa menjadi lebih penasaran lagi untuk belajar banyak hal dari sebuah isu yang belum kamu ketahui jawabannya.

Oleh karena itu, jangan habiskan waktumu hanya untuk melakukan rutinitas yang begitu-begitu saja. Coba habiskan waktumu dengan rasa ingin tahu akan berbagai hal. Jika kamu tidak mempunyai ide topik apa yang ingin kamu ketahui, coba untuk mulai membaca. Membaca tidak hanya harus berpaku pada buku, namun beragam topik-topik berbeda berupa artikel juga dapat nenambah wawasanmu seperti topik-topik yang terdapat pada aplikasi berita buatan anak Indonesia, Kurio. Dalam Kurio terdapat banyak sekali topik-topik yang berbeda untuk membantumu memenuhi rasa ingin tahumu.

 

Sumber

Related Post