4 Tips Untuk Menciptakan Rasa Ingin Tahu
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 4 Tips Untuk Menciptakan Rasa Ingin Tahu

4 Tips Untuk Menciptakan Rasa Ingin Tahu

Seperti tulisan yang sudah pernah kami bagikan sebelumnya mengenai Mengapa Rasa Ingin Tahu Itu Penting, kali ini kami akan membagikan tips untuk kamu agar bisa meniptakan rasa ingin tahu muncul dari dirimu sendiri.

4 Tips Untuk Menciptakan Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu tidaklah sulit untuk kamu terapkan dalam keseharianmu karena hal itu merupakan suatu langkah yang mudah untuk membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan sedikit dukungan dari dirimu untuk meyakinkan dirimu bahwa kamu bisa menjadi lebih baik, maka untuk menjadi pintar akan menjadi mudah apalagi kalo kamu mendasarinya dengan rasa ingin tahu.

Berikut beberapa tips untuk menciptakan sendiri rasa ingin tahu kamu:

  1. Selalu berpikiran terbuka

Hal ini adalah kunci utama untuk mempunyai rasa ingin tahu. Selalu terbuka untuk belajar dan terus belajar. Beberapa hal yang kamu ketahui dan percayai mungkin saja salah dan kamu harus bisa menerimanya dan cobalah ubah pemikiranmu itu.

  1. Berpikirlah dua kali

Jika kamu terima begitu saja hal-hal telah ada tanpa mencari tahunya lebih jauh lagi, artinya kamu tidak memiliki rasa ingin tahu. Berpikirlah dua kali, cobalah cari tahu lebih banyak mengenai hal tersebut baik dari hal-hal kecil hingga hal-hal yang lebih luas lagi.

  1. Teruslah bertanya

Kunci utama untuk kamu bisa mencari tahu lebih banyak adalah dengan terus bertanya seperti; Apakah itu? Mengapa itu terjadi? Kapan itu terjadi? Siapa yang terlibat? Muncul dari manakah hal itu? Bagaimana hal itu terjadi? Tanyakan terus pertanyaan 5W + 1H dan inilah pedoman utama untuk rasa ingin tahu kamu.

  1. Jangan cepat bosan

Ketika kamu cepat bosan akan sesuatu, kamu secara tidak langsung telah menutup peluang-peluangmu. Orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu tidak mudah bosan karena mereka melihat suatu hal adalah sebuah peluang untuk menambah wawasanmu. Walaupun mereka tidak mempunyai waktu untuk mencari tahu, mereka akan terus menyimpan suatu hal tersebut untuk diselesaikannya kemudian hari.

  1. Belajar adalah hal yang menyenangkan

Jika kamu melihat belajar adalah sebuah beban, maka kamu tidak mempunyai keinginan untuk mencari tahu lebih banyak. Dari hal itu maka sebetulnya membuat bebanmu semakin berat. Tetapi jika kamu berpikir bahwa belajar adalah suatu hal yang menyenangkan, maka kamu akan terpicu untuk mencari tahu lebih banyak lagi. Oleh karena itu, lihatlah belajar itu dengan sudut pandang yang berbeda sehingga kamu lebih dapat menikmati proses tersebut.

  1. Banyak Membaca

Cobalah untuk habiskan waktu lebih banyak dengan membaca, hal ini bisa memperkenalkan kamu dengan lebih banyak peluang dan hal menarik lainnya yang membuat kamu menjadi penasaran sehingga kamu ingin mencari tahu lebih jauh lagi. Cobalah habiskan beberapa waktu luang kamu dengan membaca beberapa artikel yang berbeda-beda setiap harinya, dengan itu akan membuatmu menjadi tertarik dengan hal-hal baru yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

Jadi, salah satu faktor untuk membuat kita menjadi pintar adalah dengan mempunyai rasa ingin tahu. Dengan beberapa tips diatas semoga kamu bisa menciptakan sendiri rasa ingin tahu untuk menjadi orang yang berwawasan luas.

 

Sumber

Related Post