4 Alasan Mengapa Rasa Ingin Tahu itu Penting
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 4 Alasan Mengapa Rasa Ingin Tahu itu Penting

4 Alasan Mengapa Rasa Ingin Tahu itu Penting

4 Alasan Mengapa Rasa Ingin Tahu itu Penting

Rasa ingin tahu merupakan kunci penting bagi orang jenius. Tidak mungkin kamu bisa memmpunyai otak yang cerdas jika kamu bukanlah seorang yang penuh rasa ingin tahu. Thomas Edison, Leonardo da Vinci, Albert Einstein dan Richard Feynman adalah sosok tokoh-tokoh yang penuh rasa ingin tahu dalam dirinya. Seperti Richards Feynman yang dikenal tentang perjalanan petualangannya berawal dari rasa ingin tahunya akan keadaan diseluruh dunia.

Jadi, mengapa rasa ingin tahu itu penting? Berikut 4 alasannya:

  1. Rasa ingin tahu membuat otakmu bekerja lebih aktif.

Orang yang penuh rasa ingin tahu selalu bertanya-tanya dan berusaha mencari tahu jawabannya karena otak mereka aktif bekerja. Otot-otot yang ada dalam otak mereka tersimulasi untuk bekerja lebih keras sehingga membuat suatu hal yang ada dalam pikiranmu menjadi lebih kuat dan menghasilkan rasa ingin tahu dalam dirimu.

Otak orang yang ingin tahu membuat otot-otot yang ada bekerja lebih keras sehingga memberikan tekanan pada pikiran-pikirannya.

  1. Rasa ingin tahu memberikanmu banyak ide baru.

Saat kamu penasaran akan sesuatu, otakmu akan mencari tahu hingga seluruh aspek yang berhubungan dengan hal itu. Dan ketika ide atau hal baru muncul begitu saja dari otakmu, maka secara otomatis kamu pasti dapat menghubungkannya dengan hal yang membuatmu ingin tahu itu. Coba pikirkan sudah berapa banyak ide yang terlewatkan oleh dirimu hanya karena kamu tidak memiliki rasa ingin tahu.

  1. Rasa ingin tahu membuka wawasan dan menciptakan peluang.

Hanya dengan rasa ingin tahu kamu dapat menambah wawasanmu dan menciptakan sendiri peluang-peluang yang tidak terlihat olehmu. Wawasan dan peluang tersebut sebetulnya tersembunyi dari keseharianmu dan membutuhkan sebuah rasa ingin tahu untuk bisa menemukannya.

  1. Rasa ingin tahu membuatmu lebih ceria.

Hidup orang-orang yang penuh rasaingin tahu tidaklah membosankan. Hidup mereka sehari-hari tampak lebih ceria dan bahagia. Karena selalu ada hal-hal baru yang menarik perhatian mereka sehingga mereka punya hal baru yang dapat mereka kerjakan. Daripada memiliki kehidupan yang membosankan, orang-orang yang memiliki rasa ingin tahu lebih memiliki kehidupan yang penuh tantangan.

Semua alasan tersebut dapat kita terapkan dalam kehidupan kita. Rasa ingin tahu mempunyai peranan yang cukup penting dalam keseharian kita karena dengan rasa ingin tahu tersebut, kita memicu diri kita untuk bisa mendorong kita mencari tahu hal yang sedang kita ingin ketahui. Selain itu, rasa ingin tahu pasti membuat kita semakin pintar dan berwawasan luas baik dari hal-hal kecil hingga hal-hal besar baik hal kehidupan pribadi kita maupun hal seputar pekerjaan kita.

 

Sumber

Related Post