5 Alasan Membaca Dapat Membuatmu Jadi Lebih Bahagia
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Kurio Tips 5 Alasan Membaca Dapat Membuatmu Jadi Lebih Bahagia

5 Alasan Membaca Dapat Membuatmu Jadi Lebih Bahagia

BanyakBacaTambahBahagia

Masih ingatkah saat kamu masih sekolah dulu, saat guru kamu selalu menyuruh kamu untuk membaca?

Yup, mereka benar! Membaca itu sebetulnya menyenangkan dan keren, bukan sekedar sebuah keharusan yang patut dilaksanakan saat bersekolah. Membaca dapat membuat kamu lebih berkembang dan menjadi lebih pintar, tidak hanya itu percayalah bahwa membaca itu merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan.

 

Berikut ini 5 alasan mengapa membaca dapat membuat kamu menjadi lebih bahagia:

  1. Membaca membantumu melupakan rutinitas membosankan

Kegiatan sehari-hari kamu mungkin saja terlihat membosankan, namun ketika kamu mencoba mengisi waktu di sela kegiatan sehari-hari itu dengan membaca, tanpa kamu sadari otak kamu sedang merenggangkan otot-ototnya dengan menciptakan sebuah imajinasi dari apa yang kamu baca. Semakin banyak yang kamu baca, otak kamu akan terus tersimulasi seperti itu dan membuat kamu menjadi orang yang lebih kreatif.

Selain hal-hal tersebut seriringan dengan perkembangan teknologi saat ini, kegiatan membaca juga menjadi lebih mudah dengan banyaknya sumber-sumber bacaan yang dapat kamu nikmati secara gratis , murah dan dapat dilakukan di mana saja.

 

  1. Menambah Inspirasi dan meningkatkan tingkat pemahaman kamu

Dari setiap buku atau artikel yang kamu baca, pasti akan ada suatu poin/kutipan yang selalu kamu ingat dan kutipan tersebut akan menjadi sebuah inspirasi bagi kehidupan kamu baik hal yang sedang terjadi atau yang akan terjadi.

Ada sebuah  ungkapan You are what you readyang menjadi pegangan bagi beberapa orang ternama, dan kutipan tersebut benar adanya karena dapat membuat hidupmu menjadi  lebih berkembang dan menjadikanmu lebih pintar. Dengan banyak membaca, kamu pun menjadi tahu lebih banyak akan beragam hal baik yang kamu sukai atau pun tidak kamu sukai. Dari situlah secara diam-diam membaca membuat kamu menjadi orang yang lebih pintar karena kamu menjadi lebih mudah mengerti akan sebuah hal dan cepat meresponinya. Menyenangkan bukan, menjadi seorang pribadi yang mudah mengerti akan hal apa pun? 🙂

 

  1. Peralihan dari bad mood

Saat kamu sedang menghadapi sebuah mood yang tidak menyenangkan, kegiatan membaca dapat menjadi suatu hal yang mengalihkan kamu dari bad mood tersebut. Apalagi jika kamu menemukan sebuah bacaan yang menarik maka kamu akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk membaca bacaan tersebut hingga selesai. Tanpa kamu sadari, dengan membaca, kamu sedikit demi sedikit mengurangi perasaan bad mood kamu apa lagi jika bahan bacaan kamu menarik dan menambah wawasan kamu.

 

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Melalui membaca, kamu mulai mengerti lebih detail lagi mengenai hal apa saja yang terjadi di sekitar kamu, dan kamu juga menjadi lebih mengerti akan topik-topik yang menurut kamu menarik.  Tidak hanya itu, dengan membaca, kamu secara tidak langsung telah membentuk sebuah jalan bagaimana kamu bisa mengerti akan suatu hal dan bisa mengambil sebuah keputusan ke depannya.

Setelah kamu menjadi lebih berkembang dengan membaca, hal ini akan terus berlanjut membuat kamu menjadi lebih percaya diri karena kamu telah memahami beragam hal dan bahkan mengerti diri kamu sendiri. Sehingga  hal ini mendorong diri kamu menjadi lebih percaya diri ketika harus berbicara dengan orang-orang disekitarmu.

 

  1. Menunjang kemampuan komunikasimu

Komunikasi merupakan hal terpenting yang bisa didapatkan dari membaca. Ketika kamu sedang membaca, kamu menjadi mengerti lebih lagi dan seterusnya, sehingga kamu dapat berkomunikasi dengan orang-orang lebih lancar.

Komunikasi pun menjadi sebuah alat penting dalam kehidupan sehari-hari kita untuk dapat terhubung dengan orang-orang sekitar kita. Jika kamu tidak dapat mengikuti perkembangan/tren apa saja yang sedang terjadi di dunia, maka kamu tidak dapat berkomunikasi dengan orang-orang tersebut. Membaca membuat kamu tetap update atau istilahnya tidak ‘Kudet’.

 

Melihat alasan-alasan membaca yang dapat membuat kita menjadi lebih bahagia, maka sudah saatnya kita mengaplikasikan kegiatan membaca dalam kehidupan sehari-hari kita. Membaca tidak sepenuhnya harus dari sebuah buku, dari beberapa artikel-artikel yang menurut kita menarik setiap harinya juga dapat membantu kita menjadi orang yang lebih berwawasan. Melalui Kurio, sebuah aplikasi buatan anak Indonesia yang terdapat di App Store dan Google Play mengajak masyarakat luas untuk dapat memulai kebiasaan membaca setiap harinya karena kami telah memberikan wadah tersebut. Sebuah aplikasi baca yang berisikan artikel-artikel dari topik-topik pilihan kamu sendiri siap membuatmu bertambah wawasan setiap harinya dengan tampilan yang menarik dan unik.

Sumber : http://elitedaily.com/life/21-reasons-reading-cool/667383/

 

Cheers,

@krisvaang

Related Post