Menanam dan Menyiram, Dan Hubungannya Dengan Kebiasaan Membaca
Kurio adalah app berita Indonesia yang menyajikan beragam pilihan konten sesuai dengan minat dan rasa penasaran anda. Nikmati baca berita kapan saja, di mana saja!
Gd. Wisma 77 Tower 2, Jl. Letjen S Parman, Jakarta Barat
Jakarta
DKI Jakarta
11410
Indonesia
home Uncategorized Menanam dan Menyiram, Dan Hubungannya Dengan Kebiasaan Membaca

Menanam dan Menyiram, Dan Hubungannya Dengan Kebiasaan Membaca

Dalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial, dipenuhi dengan orang-orang yang mengelilingi kita. Datang perginya orang-orang tersebut secara langsung dan tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan kita, masa depan kita, dan pertumbuhan kita sebagai individu.

Sama hal-nya dengan pengetahuan, pengertian kita terhadap suatu subject/ topik. Seberapa dalam pemahaman dan pengetahuan kita mengenai suatu subject/ topik dipengaruhi dari berbagai informasi yang kita dapatkan. Setiap bacaan yang kita dapati baik dari majalah, buku, internet, dan sebagainya, ,termasuk informasi yang kita dengar dari orang lain yang memiliki informasi tersebut besar pengaruhnya.

Inspirasi, ide, dan aspirasi sering kali datang dari hal-hal yang kecil dan sederhana. Tidak selalu, sebuah ide datang dengan cara yang masif. Inspirasi bisa datang dari kombinasi atau gabungan dari serangkaian temuan dan tafsiran dari berbagai informasi yang kita baca sehari-hari.

Inilah pentingnya mulai membangun dan membiasakan budaya dan kebiasaan membaca, apapun bacaan nya untuk menimbulkan atau memperkuat rasa keingintahuan (penasaran) terhadap sesuatu. Kekuatan dari sebuah informasi tidak bisa dianggap sepele. Knowledge is Power.

Anggap saja setiap satu buah artikel / bacaan yang kita konsumsi setiap harinya dari internet, buku, atau majalah adalah satu bibit yang kita tanam dalam pemikiran kita. Dan sesuai judul dari blog post ini, menanam dan menyiram, sama pentingnya setelah kita menanam bibit tersebut, kita juga disiram dengan cara salah satunya terus membaca dan ikuti lebih dalam informasi dan update subject tersebut, di tambah dengan berhubungan dengan orang-orang yang memiliki  banyak expertise dan pengalaman terhadap bidang tertentu.

Bayangkan sebuah ilustrasi: jika kamu bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang misalnya media atau internet industry, bagaimana caranya untuk lebih sukses dan makin handal dalam mengerjakannya. Salah satu caranya tentu dengan cara terus ikuti, belajar, dan update dengan berita-berita maupun informasi perkembangan industri tersebut.

Ada salah satu teman saya yang bertanya, kenapa dia tidak mendapat promosi dari tahun ke tahun. Dan ternyata salah satu kendala nya adalah, ada orang lain di perusahaannya yang lebih update dan banyak tau. Selama dua tahun dia bekerja, kira-kira 700 hari, tidak pernah mengisi, menanam, dan menyiram pemikiran dan pengetahuannya seputar industri tersebut dengan bacaan apapun. Bayangkan kalo dia baca satu artikel saja setiap hari, tidak memakan waktu lebih dari 3- 5 menit, itu artinya dia kehilangan kesempatan membaca 700 artikel seputar pekerjaannya, yang tentunya akan sangat membantu pengetahuan nya, dan yang pasti akan membantu dalam pekerjaannya.

Setiap hari nya, rata-rata kita semua yang memiliki akses internet melalui smartphone, laptop komputer, dan atau tablet. Kita mengakses internet mungkin total 4-6 jam setiap harinya tanpa sadar, di social network, chatting, game, nonton YouTube dan sebagainya. Alangkah positifnya jika kita menyisihkan setidaknya 5-10 menit dari 4-6 jam di Internet, untuk membaca sesuatu yang nantinya akan berguna dan terpakai.

Setiap artikel yang kita baca, bisa diibaratkan satu titik yang kita tanam dalam otak. Kita baca 100 artikel, berarti kira-kira ada 100 titik yang kita tanam di otak kita. Di saat yang penting, ketika kita dihadapkan dengan sebuah situasi yang membutuhkan ide, jawaban atau solusi, otak kita memiliki kemampuan yang luar biasa, merangsang semua titik tersebut untuk mulai tersambung. Inilah kekuatan dibalik membaca. Menanam dan menyiram. Mudah-mudah an di tahun yang baru ini, kita semua memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik. Baik dalam pekerjaan, usaha, ataupun kehidupan pribadi sehari-hari di keluarga dan lingkungan. Mulailah membiasakan diri membaca. Kita tidak pernah tau, dampak dari menanam dan menyiram otak dengan banyak membaca dapat memberikan impact positif ke kehidupan kita semua. Download Kurio di App Store atau Google Play untuk temukan berbagai informasi, topik, dan interest dalam satu aplikasi.

#SmartIsCool

Related Post